Hagia Sophia

14 December 2023

Bukan Hanya Lolos dengan Sempurna, Man City Cetak Rekor di Liga Champions

(Foto: AP/Darko Vojinovic)

Manchester City bukan cuma lolos dengan sempurna ke babak 16 besar Liga Champions. Sang juara bertahan turut mengukir sebuah rekor.

Manchester City menutup perjalanan di fase grup dengan kemenangan tipis 3-2 di markas Red Star Belgrade, Kamis (14/12/2023) dini hari WIB. Citizens yang sudah dipastikan lolos sebagai juara grup tampil dengan sejumlah pemain muda.

Micah Hamilton dan Oscar Bobb membawa Man City memimpin dua gol, lalu sempat dibalas Red Star lewat Hwang In Beom. Penalti Kalvin Phillips mengembalikan margin dua gol, sebelum ditipiskan lagi oleh Aleksandar Katai.

Hasil ini berarti Man City memenangi seluruh enam laga fase grup, mencetak 18 gol dan cuma kemasukan tujuh kali. Hanya Real Madrid yang juga lolos dengan menyapu bersih fase grup.

Sapu bersih yang dilakukan Man City membawa mereka ke sebuah rekor. Tim besutan Pep Guardiola itu menjadi klub Inggris pertama yang merangkai delapan kemenangan beruntun di Piala Champions/Liga Champions.

Manajer Man City Pep Guardiola menegaskan timnya tak pernah melepas pedal gas, sekalipun kelolosan sudah digenggam.

"Ini pertandingan yang diwarnai pertarungan sulit, menguras fisik dengan banyak kontak. Tapi saya senang dengan yang kami capai dan bagaimana tim tampil," ujarnya kepada UEFA.

"Orang-orang kadang menganggap pertandingan semacam ini tidak penting buat kami, tapi justru sebaliknya. Setiap kemenangan itu berarti," imbuh eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich tersebut.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Ukir Rekor di Liga Champions"