Hagia Sophia

04 January 2024

Ini Harga Vaksin COVID-19 di Bio Farma untuk Sekali Suntik

istimewa

Head of Corporate Communications PT Bio Farma Iwan Setiawan menyebut vaksinasi COVID-19 mandiri sudah bisa diakses di fasilitas kesehatan BUMN Holding Farmasi. Harga yang ditetapkan untuk satu kali vaksinasi COVID-19 berada di kisaran Rp 200 ribu.

Masyarakat bisa melakukan vaksinasi COVID-19 primer maupun vaksinasi dosis tambahan atau booster. Layanan vaksinasi COVID-19 mandiri di Bio Farma sudah mulai berlaku sejak pemerintah menetapkan regulasi baru vaksinasi berbayar sejak Senin (1/1/2024).

"Layanan vaksinasi COVID-19 dapat diperoleh di fasilitas kesehatan milik BUMN Holding Farmasi atau Kimia Farma Klinik Diagnostik, atau fasilitas kesehatan milik BUMN lain, juga swasta dengan harga yang bervariasi. Untuk di fasilitas kesehatan Bio Farma Group, tarif layanan vaksinasi berkisar antara Rp 200 sampai 250 ribu per kali suntikan," beber Iwan saat dihubungi detikcom Selasa (2/1/2024).

"Tarif layanan ini akan bervariasi tergantung dari Faskes yg menyediakan layanan vaksin Indovac," sebutnya.

Sejumlah fasilitas kesehatan disebutnya bisa mendapatkan vaksin COVID-19 Indovac besutan dalam negeri melalui distributor resmi Kimia Farma Trading dan Distribusi ( KFTD), serta distributor PT Bio Farma (Persero) lain. Sebagai informasi, vaksin COVID-19 Indovac terbukti memiliki efikasi yang baik, dan keamanannya dijamin Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM).

Vaksin COVID-19 Indovac juga dipastikan halal.

"Sebagai informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Bio Farma, Bio Care 1500810," pesan Iwan.

Kasus COVID-19 di Indonesia masih terus bertambah, tetapi catatan konfirmasi harian terus menurun, di Selasa (2/1) 'hanya' bertambah 190 kasus, dengan laporan tiga kematian, sementara pasien sembuh bertambah 264 kasus.

Total kasus aktif atau yang membutuhkan perawatan COVID-19 masih berkisar 2.600 orang. Banyak pasien yang bergejala berat merupakan kelompok rentan.

Karenanya, pemerintah memprioritaskan kelompok tersebut untuk masih bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 gratis.

Kelompok rentan di antaranya masyarakat lanjut usia, lansia dengan komorbid, usia dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan di garda terdepan, ibu hamil, juga remaja 12 tahun ke atas dan kelompok usia lain yang mengalami gangguan sistem imun kriteria sedang hingga berat.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bio Farma Ungkap Harga Vaksin COVID-19, Sekali Suntik Rp 200-250 Ribu"