Hagia Sophia

04 January 2024

Hasil Check Up, Menkes Diminta Konsumsi Obat Statin untuk Turunkan Kolesterol

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (Foto: Vidya Pinandhita)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin baru-baru ini menjalani medical check-up (MCU) kardiovaskular di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta, pada Jumat (29/12/2023).

Pemeriksaan kesehatan jantung dan pembuluh darah yang dijalani Menkes yakni berupa pemeriksaan elektrokardiografi, pemeriksaan ekokardiografi, vaskuler, pemeriksaan darah, treadmill test, pemeriksaan x-ray, dan Multislice Computed Tomography (MSCT) Scan.

"Hasil check-nya, check up-nya saya, Alhamdulillah bagus," tuturnya, dikutip dari laman RS Harapan Kita, Rabu (3/1/2024).

Meski hasil MCU-nya memuaskan, Menkes mengatakan dirinya diberi beberapa catatan oleh dokter, salah satunya harus lebih rajin mengonsumsi obat statin. Obat tersebut bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau jahat yang ada di dalam tubuhnya.

Sebagaimana diketahui, kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat.

Senyawa ini terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik (HDL) dan jahat (LDL). Kolesterol baik atau HDL mampu menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke dalam organ hati, kemudian membuangnya keluar dari tubuh.

Sebaliknya, kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah yang dapat menyumbat dan meningkatkan sejumlah risiko penyakit, seperti serangan jantung hingga stroke.

"Memang karena usianya sudah 60, ada beberapa catatan ya harus rajin minum obat statin katanya untuk nurunin lagi LDL-nya," ucap Menkes.

"Saya dulu biasanya (angka kolesterol) di bawah 100 mg/dL, sekarang targetnya kalau bisa di bawah 70 mg/dL. Dan olahraganya sama makannya juga mesti dijaga terus," lanjutnya.

Lebih lanjut, Menkes berharap masyarakat juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan jantung dan pembuluh darah sejak dini. Sebab menurutnya, mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

"Tahu bahwa kita ada kekurangan karena udah tua apalagi, itu jauh lebih baik lagi, sehingga bisa dirawat dan mudah-mudahan nggak usah kena serangan jantung atau stroke," sambungnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Jalani Medical Check Up, Hasilnya Harus Rajin Minum Obat Kolesterol"