Hagia Sophia

04 January 2024

Tips Sederhana Agar Bisa Panjang Umur

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kieferpix

Panjang umur adalah salah satu impian banyak orang. Untuk mendapatkanya, menjaga kesehatan adalah salah satu caranya.

Dengan menjaga kesehatan, seseorang bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Alhasil, bisa memiliki umur yang panjang di hidupnya.

Associate Professor di Deakin University yang juga epidemiolog Hassan Valley mengungkapkan 25 persen umur panjang diperkirakan bisa ditentukan oleh gen seseorang. Sisanya, itu bisa ditentukan oleh apa yang kita lakukan setiap harinya.

Tetapi, tidak ada jalan instan untuk bisa mendapatkan umur yang panjang. Berikut lima hal yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan dikutip dari Science Alert:

1. Konsumsi Makanan Nabati
Makanan berperan besar pada kesehatan manusia. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi dengan makanan nabati dikaitkan dengan kesehatan dan umur panjang.

Makanan nabati kaya akan nutrisi, fitokimia, antioksidan, anti-inflamasi, dan serat. Semua itu bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel seiring bertambahnya usia, sehingga membantu mencegah penyakit.

Jenis makanan yang bisa dikonsumsi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, ikan dan makanan laut, serta minyak zaitun.

2. Berat Badan Terkontrol dengan Baik
Berat badan yang terkontrol dengan baik akan membantu tubuh lebih sehat. Jika berat badan berlebih atau obesitas, dapat memberikan tekanan pada seluruh sistem tubuh kita dan memiliki banyak sekali efek fisiologis termasuk menyebabkan peradangan dan gangguan hormonal.

Hal ini meningkatkan peluang seseorang terkena sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan sejumlah kanker. Selain itu, obesitas juga bisa memicu depresi, rendah diri, dan stres.

3. Jangan Lupa Olahraga Teratur
Olahraga sangat baik agar tubuh bisa sehat dan bugar. Selain itu, olahraga juga bisa melindungi diri dari penyakit kronis, menurunkan stres, dan meningkatkan kesehatan mental.

Tak hanya bisa menurunkan berat badan dan kadar lemak tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan peningkatan penggunaan glukosa (gula darah). Itu juga mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah dan fungsi jantung.

4. Setop Merokok!
Jika ingin memiliki umur yang panjang, mulailah berhenti merokok atau vaping. Merokok akan mempengaruhi hampir setiap organ dalam tubuh dan dikaitkan dengan kualitas hidup yang rendah.

Setiap batang rokok meningkatkan peluang seseorang terkena berbagai jenis kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Jadi, berhenti merokok agar bisa langsung merasakan manfaat kesehatannya.

5. Berhubungan Sosial Juga Penting
Ketika kita berbicara tentang hidup lebih sehat dan panjang umur, kita cenderung berfokus pada apa yang kita lakukan terhadap tubuh fisik kita. Namun salah satu penemuan terpenting selama dekade terakhir adalah pengakuan akan pentingnya kesehatan spiritual dan psikologis.

Orang yang kesepian dan terisolasi secara sosial memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi. Selain itu, lebih mungkin menderita penyakit jantung, stroke, demensia, serta kecemasan dan depresi.

Meskipun kita tidak sepenuhnya memahami mekanismenya, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh faktor perilaku dan biologis. Meskipun orang-orang yang lebih terhubung secara sosial lebih cenderung melakukan perilaku sehat, tampaknya ada juga efek fisiologis langsung dari kesepian pada tubuh.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Cara Sederhana Agar Panjang Umur, Hidup Sehat sampai Umur Seabad"