Hagia Sophia

04 January 2024

Rutin Jalan Kaki Tiap Hari Bisa Turunkan BB

Ilustrasi jalan kaki. (Foto: iStock)

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian banyak orang. Banyak orang memilih nge-gym hingga diet dengan rutin untuk bisa mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat.

Tapi, ternyata untuk bisa kurus tidak harus pergi nge-gym lho. Bisa banget dengan rutin berjalan kaki.

Dikutip dari laman Today, para ahli mengatakan gerakan sederhana itu sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan sekaligus baik untuk kesehatan mental. Bahkan, beberapa ribu langkah sehari bisa membakar ratusan kalori dan mengurangi risiko penyakit.

"Jalan kaki tentu saja dapat membantu menurunkan berat badan," tutur presiden dan kepala ilmuwan dari American Council on Exercise, Cedric Bryant, PhD.

"Ini adalah latihan aerobik yang ringan dan memungkinkan individu mengeluarkan energi, hingga membakar kalori," sambungnya.

Selaras dengan Bryant, ahli diet di Atlanta, Marisa Moore, juga menyarankan latihan ringan itu. Menurutnya, itu bisa menjadi latihan awal untuk mengurangi berat badan.

"Saya penggemar jalan kaki sebagai salah satu bentuk gerakan - terutama jika Anda baru memulainya," kata Moore.

"Yang paling penting adalah menemukan jenis aktivitas yang Anda sukai dan akan Anda lakukan," lanjut dia.

Bagaimana Caranya?

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Bryant merekomendasikan jalan kaki selama 45-60 menit per hari, dilakukan setiap hari selama seminggu.

Rekomendasi ini 15-30 lebih lama dari aturan dasar terkait kesehatan. Secara umum, dianjurkan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dalam seminggu untuk bisa menurunkan berat badan.

"Hal yang harus dipahami adalah tidak harus semuanya dilakukan dalam satu sesi jalan kaki, Anda dapat membaginya sepanjang hari itu," jelas Bryant, seraya menambahkan bahwa ia menyarankan untuk membagi kegiatan jalan kaki itu dalam beberapa sesi.

"Mungkin Anda berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari, lalu berjalan kaki lagi selama 15 atau 30 menit setelah makan malam atau saat istirahat makan siang sampai totalnya mencapai 45-60 menit," sarannya.

Menurut Bryant, orang dengan kebiasaan ini cenderung mengalami penurunan berat badan yang wajar, atau bisa mengendalikan berat badan dengan lebih baik.

Berapa Berat Badan yang Bisa Dikurangi?

Terkait ini, Bryant tidak bisa memastikan dengan pasti berapa banyak berat badan yang bisa diturunkan dengan jalan kaki. Namun, ia menambahkan bahwa orang dapat membakar sekitar seratus kalori untuk setiap seribu langkah yang mereka ambil.

"Umumnya, jumlah berat badan yang diharapkan turun biasanya tergantung pada seberapa sering Anda melakukannya dalam hitungan hari dalam seminggu, serta durasi berjalan dan intensitas berjalan," jelas Bryant.

Tak hanya dengan berjalan kaki, ahli diet di New York Samantha Cassett menekankan harus ada hal lain yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengubah pola hidup.

"Dia harus melakukan beberapa perubahan sehat pada pola makannya, yang menghasilkan sedikit defisit kalori (sekitar 100 kalori sehari)," beber Cassetty.

"Mempertahankan rutinitas olahraga dan kebiasaan makan yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi, berjalan kaki saja tidak akan menghasilkan penurunan berat badan tambahan," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jalan Kaki Ampuh Turunkan BB! Begini Rekomendasi Ahli"