Hagia Sophia

18 March 2024

Agar Cepat Sembuh, Beberapa Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Batuk

Ilustrasi batuk. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Batuk adalah salah satu kondisi yang menyerang hampir setiap orang. Penyebab batuk bisa beragam, entah itu karena pilek, alergi, radang tenggorokan, dan lain sebagainya.

Meski tergolong gejala ringan, batuk perlu segera diatasi agar tidak semakin parah dan mengganggu aktivitas. Selain mengidentifikasi penyebabnya, penting pula untuk mengetahui pantangan dan makanan yang harus dihindari saat batuk.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis makanan yang harus dihindari saat batuk agar tidak memperparah kondisi dan mempercepat pemulihan.

1. Makanan pedas
Salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat batuk adalah makanan pedas. Dikutip dari Pharm Easy, makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat membakar tenggorokan dan memicu reaksi batuk, sehingga memperparah gejala. Karena itu, ada baiknya stop mengonsumsi makanan pedas saat sedang batuk untuk mempercepat penyembuhan.

2. Makanan manis
Selain makanan pedas, orang yang sedang batuk juga sebaiknya menghindari makanan manis. Dikutip dari laman Singapore Paincare TCM Wellness, konsumsi gula dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh, membahayakan sistem kekebalan tubuh dan fungsi pernapasan.

3. Gorengan
Gorengan termasuk salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh orang yang sedang batuk. Sebab, minyak yang digunakan pada proses penggorengan dapat memperparah batuk.

Dikutip dari Health Site, makanan yang digoreng menggunakan minyak panas akan menghasilkan senyawa bernama akrolein yang dapat bertindak sebagai alergen yang memperparah batuk dan memicu tenggorokan gatal. Jadi, sebaiknya hindari gorengan dan makanan berminyak saat sedang batuk ya detikers.

4. Makanan olahan
Makanan olahan, seperti fast food atau keripik, juga sebaiknya dihindari saat sedang mengalami batuk. Dikutip dari Times of India, makanan olahan tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sama sekali tidak berkontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan olahan juga dapat mengganggu kelancaran sistem pencernaan.

5. Minuman berkafein
Seseorang yang mengalami batuk akibat masalah asam lambung atau GERD juga sebaiknya menghindari minuman berkafein, seperti kopi. Pasalnya, kafein dapat membuat otot sfingter esofagus yang membatasi antara lambung dan kerongkongan menjadi kendur. Akibatnya, otot tersebut tidak bisa menutup secara sempurna sehingga memungkinkan cairan asam di lambung mengalir ke kerongkongan, sehingga memperparah batuk.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk Agar Cepat Sembuh, Apa Saja?"