Hagia Sophia

18 March 2024

Piala FA: Maju ke Semifinal, Man United Kalahkan Liverpool di Perpanjangan Waktu

Foto: Molly Darlington/REUTERS

Manchester United vs Liverpool di perempatfinal Piala FA berjalan sengit. Bertanding selama 120 menit, Setan Merah menang 4-3 dan maju ke semifinal.

Bermain di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (17/3/2024), MU sempat unggul sejak menit ke-10. Scott McTominay bisa membawa tuan rumah memimpin 1-0.

Liverpool baru membalas jelang istirahat. Setelah Alexis Mac Allister menyamakan skor, Mohamed Salah membawa tim tamu unggul 2-1 saat jeda.

Di babak kedua, MU kemudian bisa menyamakan skor menjadi 2-2 di menit ke-88. Antony menjadi penyelamat Setan Merah lewat golnya. Skor bertahan sampai 90 menit, dan laga dilanjutkan ke masa tambahan waktu.

Di babak tambahan itu, Liverpool sempat unggul lewat Harvey Elliott. Namun, MU bisa membalas lewat dua gol Marcus Rashford dan Amad Diallo. MU menang 4-3 dan maju ke semifinal.

MU akan bergabung dengan Coventry City, Chelsea, dan Manchester City. Semifinal Piala FA 2023/2024 akan digelar pada 20 April mendatang.

Jalannya Pertandingan

MU mampu unggul cepat atas Liverpool. McTominay membobol gawang Caoimin Kelleher di menit ke-10.

Berawal dari serangan yang dibangun dari kiri, Alejandro Garnacho bisa merangsek ke kotak penalti dan melepaskan shot keras kaki kanan. Bolanya sempat ditepis Kelleher, namun bisa disambar McTominay di mulut gawang. Tuan rumah unggul 1-0.

Memimpin satu gol membuat MU cukup percaya diri. Beberapa kali anak asuh Erik ten Hag bisa merepotkan barisan belakang lawan.

Liverpool sendiri bermain sabar. Pelan tapi pasti, tim tamu bisa mulai merepotkan MU selepas setengah jam permainan.

Di menit ke-38, Wataru Endo bahkan sempat mencetak gol penyeimbang buat Liverpool. Namun, gol dianulir karena dalam prosesnya sudah lebih dulu offside, usai dicek lewat VAR.

Mac Allister kemudian menyamakan skor di menit ke-44. Gelandang Argentina itu melepaskan sepakan keras ke pojok kiri gawang Andre Onana, yang tak mampu diantisipasi sang kiper. Skor 1-1.

Di masa injury time, Liverpool malah bisa berbalik unggul. Mohamed Salah bisa meneruskan bola muntah hasil sepakan Darwin Nunez yang diblok, dan memastikan Liverpool unggul 2-1 saat jeda.

Di babak kedua, MU dan Liverpool saling jual beli serangan selepas jeda. Kedua tim sama-sama menekan dan gantian menyerang.

Setelah beberapa percobaan, Liverpool mendapat shot on target pertama di babak kedua lewat Nunez. Sepakan pemain Uruguay itu masih bisa ditepis Andre Onana dengan penyelamatan apik.

Kemudian Salah juga mengancam di menit ke-65. Kali ini, upaya pemain Mesir itu juga bisa diantisipasi kiper MU.

Jual beli serangan terjadi, sampai akhirnya Antony bisa menyelamatkan MU. Pemain yang baru masuk menggantkan Rasmus Hojlund itu menjebol gawang Liverpool di menit ke-87.

Berawal dari tendangan Garnacho yang diblok, Antony bisa menguasai bola di tengah kemelut, memutar tubuhnya, dan melepaskan sepakan kaki kanan. Bola bergulir menuju pojok kiri gawang Kelleher, tanpa bisa diantisipasi. Skor 2-2.

Di menit akhir laga, Marcus Rashford nyaris membawa MU menang. Mendapat peluang emas di kotak penalti, sontekannya malah melenceng tipis dari gawang Kelleher. Skor 2-2 menutup jalannya pertandingan di waktu normal. Laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa perpanjangan waktu, duel ketat masih terjadi. Kedua tim kini sama-sama mencari gol kemenangannya di masa tambahan.

Setelah jual beli serangan, Liverpool bisa kembali unggul di menit 105. Harvey Elliott melepaskan shots keras, mengenai kaki Christian Eriksen, dan gagal diantisipasi Onana. Skor 3-2 bertahan sampai jeda di babak tambahan.

Di 15 menit terakhir masa tambahan waktu, MU kembali bisa menyamakan skor. Kali ini Rashford yang menjebol gawang Liverpool, usai mendapat sodoran McTominay. Skor menjadi 3-3.

Jelang babak kedua tambahan habis, MU secara dramatis bisa berbalik unggul. Lewat serangan balik cepat, Amad Diallo menyelesaikannya menjadi gol, membawa MU menang 4-3. Diallo sendiri diusir kemudian karena selebrasi melepas bajunya berbuah kartu kuning kedua.

Di sisa laga, tak ada gol lagi tercipta. MU menang 4-3 dan maju ke semifinal Piala FA 2023/2024.

Susunan Pemain

Manchester United: Andre Onana, Aaron Wan-Bissaka (Harry Maguire 71'), Raphael Varane (Amad Diallo 85'), Victor Lindeloef (Mason Mount 106'). Diogo Dalot, Scott McTominay, Kobbie Mainoo (Christian Eriksen 80'), Alejandro Garnacho, Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Rasmus Hojlund (Antony 71')

Liverpool: Caoimhin Kelleher, Andy Robertson (Conor Bradley 77'), Virgil van Dijk, Jarell Quansah, Joe Gomez (Kostas Tsimikas 101'), Dominik Szoboszlai (Harvey Elliott 72'), Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Mohamed Salah (Cody Gakpo 77'), Luis Diaz (Bobby Clark 114'), Darwin Nunez


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "MU Vs Liverpool: Menang Dramatis 4-3, Setan Merah ke Semifinal Piala FA"