Hagia Sophia

18 March 2024

Ini Kata Dokter Kenapa Puasa Membuat Lebih Ngantuk Dibandingkan Biasanya

mengantuk (istimewa)

Rasa kantuk seringnya tidak terhindari selama berpuasa, terlebih saat masih harus beraktivitas di pagi hingga sore hari. Bahkan, beberapa orang merasakan intensitas mengantuk lebih banyak terjadi di bulan Ramadan ketimbang hari-hari biasanya.

Spesialis saraf Siloam Hospitals TB Simatupang dr Dina Meliana, SpS, menilai hal itu dilatarbelakangi empat pemicu. Salah satunya berkaitan dengan perubahan pola dan jumlah makan. Mengapa sih bisa berpengaruh?

"Namanya berpuasa, yang biasanya makan tiga kali sekarang berkurang jadi dua kali ya, berarti kan terjadi penurunan kadar gula di dalam darah, otomatis, sedangkan gula itu kan suatu bahan yang dibutuhkan oleh otak ya, dengan adanya penurunan kadar gula dalam darah pasti juga otak kan jadi sulit berkonsentrasi terus badan jadi lemah satu itu," terangnya saat ditemui detikcom di kawasan Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024).

Selain pola makan, kurangnya cairan saat sahur juga membuat seseorang yang tengah berpuasa menjadi mudah lemas dan mengantuk. Sebab, dehidrasi berpengaruh pada energi tubuh.

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting yakni adanya perubahan pola tidur. Dari semula terbiasa memiliki jam tidur 'penuh', hingga pukul lima sampai enam sore kini harus terbangun di jam-jam sahur sebelum pukul empat pagi.

"Dengan sahur lebih awal, mungkin jam 2 sudah harus menyiapkan sahur atau jam setengah 3 subuh, otomatis juga kan dengan perubahan itu, terutama di awal-awal, akan menimbulkan rasa ngantuk kan terutama siang hari," sambung dr Dina.

Pengaruh lainnya berkaitan dengan kekurangan hormon kortisol. Secara umum, fungsi hormon kortisol dilepaskan oleh kelenjar adrenal untuk mengatur metabolisme, lemak, protein, dan karbohidrat. Selain itu, kortisol juga membantu menekan respons peradangan, kadar gula darah, tekanan darah, juga siklus tidur.

"Adanya penurunan produksi hormon kortisol, sedangkan hormon kortisol itu dibutuhkan supaya kita tetap terjaga, kalau kurang juga kan bisa menimbulkan rasa ngantuk," terang dia.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pantas Lebih Ngantukan saat Puasa, Ternyata 4 Hal Ini Bisa Jadi Pemicunya"