Hagia Sophia

18 March 2024

Air Kelapa Diyakini Berkhasiat untuk Hilangkan Batu Ginjal, Benarkah?

Foto: shutterstock

Air kelapa menjadi pilihan untuk menghidrasi tubuh. Asupan ini juga dipercaya berkhasiat untuk mengenyahkan penyakit, salah satunya batu ginjal.

Menurut spesialis urologi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, anggapan mengonsumsi air kelapa bisa bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal ada benarnya. Namun tetap harus diperhatikan asupan yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

"Jadi gini, kita harus tahu dulu kenapa kelapa bisa mempengaruhi batu ginjal. Maksudnya mempengaruhi itu begini, batu ginjalnya sendiri sudah ada, misalnya, dengan kita minum kelapa, kelapa itu punya efek untuk membuat kita air kencingnya lebih banyak," kata dr Akbari saat diskusi dengan detikcom, Jumat (15/3/2024).

"Tujuannya itu. Dengan memproduksi air kencing lebih banyak, si batu tuh kedorong ke bawah, keluar. Jadi mekanismenya dengan cara ngedorong ya, dengan produksi air kencing nah. Jadi bukan kelapa itu suatu yang ajaib," sambungnya.

Batu ginjal adalah endapan keras di dalam organ ginjal yang terbuat dari mineral dan garam. Endapan tersebut terbentuk saat urine menjadi pekat, sehingga memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel satu sama lain.

Pada orang Indonesia, pemicu batu ginjal terbanyak adalah asam urat karena makanan tertentu. Beberapa pantangan makanan untuk pengidap asam urat agar tidak mengalami batu ginjal seperti kacang-kacangan, jengkol, sampai sayuran seperti bayam dan kangkung.

"Jadi meskipun kita minum kelapa muda tapi kalau makanan asam uratnya tetap banyak ya sama aja bohong, tetap aja produksinya (batu ginjal) akan tambah," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Minum Air Kelapa Bisa Enyahkan Batu Ginjal? Dokter Bilang Ada Benarnya, Tapi..."