Hagia Sophia

21 February 2023

Ada Laut yang Tersembunyi di Bawah Tanah di AS

Ada 'Laut Hilang' Tersembunyi di Bawah Tanah di AS. Foto: IFL Science/Jay Williams

Jauh di bawah Tennessee ditemukan 'laut hilang'. Area ini konon merupakan danau bawah tanah non-subglasial terbesar di Amerika Serikat (AS), dan kemungkinan terbesar kedua di dunia.

Ditemukan di Craighead Caverns, kumpulan air bawah tanah ini sungguh masif sehingga tidak ada yang benar-benar yakin seberapa besar ukurannya.

Letaknya berada di gua di tengah-tengah Great Smoky Mountains of Tennessee antara Sweetwater dan Madisonville. Selain menampung air dalam jumlah besar, gua ini dikenal dengan susunan kristal, stalagmit, dan stalaktit yang menghiasi dinding batu kapurnya.

Sistem gua memiliki sejarah panjang dan dianggap sebagai National Natural Landmark oleh National Park Service. Jauh sebelum manusia ada di sini, ada bukti bahwa gua itu pernah menjadi tempat tinggal jaguar Pleistosen raksasa yang menakutkan.

Berabad-abad kemudian, wilayah itu digunakan oleh Cherokee sebagai tempat berlindung, seperti yang ditunjukkan oleh banyak artefak penduduk asli Amerika, termasuk tembikar, mata panah, senjata, dan perhiasan, ditemukan di sini.

Dalam beberapa abad terakhir, koloni Eropa pernah menambang dan membuat bubuk mesiu di sini. Laut yang hilang itu kemudian ditemukan pada tahun 1905 ketika seorang anak tersandung air saat bermain di dalam gua.

Foto: IFL Science/Jay Williams

"Danau itu ditemukan oleh Ben Sands," kata pemandu wisata Savannah Dalton dalam wawancara dengan CBS News pada 2019, dikutip dari IFL Science.

Tidak ada yang yakin mengenai ukuran area ini. Bagian danau yang terlihat memiliki panjang 243 meter dan lebar 67 meter, tetapi di bawah permukaannya, danau ini mengarah ke aula besar lainnya yang berisi air dan banyak di antaranya belum dijelajahi.

Lebih dari 5,2 hektar area air telah dipetakan sejauh ini, meski penjelajah masih belum menemukan ujung danau. Hal ini juga yang menguatkan dugaan area itu setara lautan.

Pernah ada penyelam berenang melalui perairan danau yang gelap gulita dipersenjatai dengan perangkat sonar dan terpaksa berbalik karena mereka tidak dapat mendeteksi apa pun kecuali air di sekitar mereka.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ada Laut Hilang Tersembunyi di Bawah Tanah di AS"