Hagia Sophia

21 February 2023

Komentar Menkes Tentang Masuknya Varian Kraken di Indonesia

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin angkat bicara terkait COVID-19 subvarian Omicron, XBB 1.5 atau Kraken. Menurutnya, virus akan terus bermutasi.

"Ya saya bilang varian virus itu pasti akan terjadi terus. Nature-nya virus itu kan harus ada inangnya," ujar Menkes saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2023)

"Karena dia (virus) akan mati , jika hostnya mati. Jadi virus itu akan bermutasi selalu semakin lemah supaya host-nya tidak cepat mati," lanjutnya.

Mengacu pada hasil mutasi virus yang terus melemah, Menkes mengaku tidak khawatir dengan hadirnya varian Kraken di RI. Di samping itu, hasil sero survei menunjukkan bahwa kekebalan warga RI terhadap virus Corona sudah tinggi.

"Oleh karena itu saya tidak terlalu khawatir dengan kraken karena dia secara logika tadi akan lebih lemah dan juga kekebalan imunitas populasi kita terlatih. Yang penting masyarakat harus hati-hati," papar Menkes.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengonfirmasi penambahan dua kasus COVID-19 varian Kraken. Dengan adanya angka ini, total kasus Kraken DKI menjadi 3 kasus.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (20/2) Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dan Imunisasi Dinkes Provinsi DKI Jakarta dr Ngabila Salama menyebutkan pasien Kraken terbaru adalah laki-laki berusia 47 tahun dan berdomisili di Jakarta Selatan.

Sementara itu, dua pasien sebelumnya yang dikonfirmasi pada Jumat (17/2/2023) sudah dinyatakan sembuh. Kedua pasien tersebut diketahui tidak memiliki riwayat perjalanan.

"Sudah sembuh semua," ujar dr Ngabila.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Tak Khawatir soal Varian Kraken Sudah Masuk RI, Corona Mulai Melemah?"