Hagia Sophia

21 February 2023

Bebi Romeo Idap Kolik Abdomen Hingga Pingsan

Foto: Instagram @bebi_romeo

Musisi Bebi Romeo baru-baru ini mengabarkan dirinya mengidap kolik abdomen. Penyakit tersebut membuatnya merasa sangat kesakitan, bahkan sampai pingsan. Adapun hal ini diungkapkan Bebi dan istrinya, Meisya Siregar saat diwawancarai oleh wartawan.

"Bebi kena serangan kolik, kolik itu adalah serangan sakit yang ada di ulu hati sampai ke punggung ya?," ucap Meisya Siregar dan bertanya kepada Bebi, dikutip dari YouTube Trans TV Official, Senin (20/2/2023).

Penyebab kondisi tersebut dikatakan Meisya merupakan dosa masa lalu Bebi lantaran kerap makan sembarangan. Akibat kondisinya itu, Bebi mengaku tak kuat hingga memutuskan untuk menjalani operasi.

"Di liver sebenarnya, jadi ulu hati sakitnya. Cuman sebenarnya biang keroknya di hati (liver) di kantong empedu, nah itu tersumbat, menyumbat batunya, cairannya tidak keluar, yasudah berenang deh tuh batu empedunya. Wah sudah sakitnya kayak sakitnya minta ampun sampai tembus ke belakang." imbuh Bebi.

"Wah sudah nih operasi saja langsung deh nggak kuat banget aku sampai pingsan sakitnya," lanjutnya lagi.

Dikutip dari Healthline, colic abdomen atau kolik adalah rasa nyeri pada perut yang sifatnya hilang timbul. Kondisi ini terjadi ketika ada sumbatan di bagian dalam tubuh yang berongga, seperti usus, kandung empedu, rektum, ginjal, atau ureter.

Adapun sumbatan yang paling umum menyebabkan kolik adalah batu empedu dan batu ginjal. Selain itu, rasa sakit dianggap sebagai akibat kontraksi otot di sekitar penyumbatan total atau sebagian di salah satu organ. Kondisi ini dapat terjadi berulang kali selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Musisi Bebi Romeo Alami Kolik Abdomen, Sakit Sampai Pingsan hingga Jalani Operasi"