Hagia Sophia

21 February 2023

Kenapa Bintang Digambar Seperti 5 Sudut?

Bintang yang kita gambar. Foto: Science ABC

Sejak kanak-kanak hingga sekarang, kita menggambarkan bentuk bintang punya lima sudut runcing. Padahal faktanya, di dalam ilmu astronomi, bentuk bintang bulat sama seperti planet dan benda lainnya di Tata Surya. Kenapa demikian?

Mengutip Smithsoniamag, Selasa (21/2/2023) sebagian besar bintang sangat mirip dengan Matahari, bola gas raksasa yang terbakar miliaran kilometer jauhnya. Bintang-bintang bulat ini memompa aliran cahaya yang melintasi ruang angkasa yang luas sebelum menerangi langit malam.

Namun, dari Bumi, penglihatan manusia tidak melihatnya seperti bola plasma yang menyala-nyala, melainkan benda berkelap-kelip lembut.

"Mengapa persepsi kita tentang bintang begitu terdistorsi? Bintang berkelap-kelip karena alasan yang cukup intuitif, pergerakan udara di atmosfer Bumi dapat meredupkan cahaya bintang untuk sesaat," kata NASA.

"Inilah sebabnya, bintang-bintang di cakrawala tampak paling berkelap-kelip, karena ada lebih banyak atmosfer antara kita dan bintang di dekat cakrawala dibandingkan antara kita dan bintang yang lebih tinggi di langit," jelas NASA.

Bintang yang kita lihat. Foto: Science ABC

Bintang berbentuk seperti bintang yang kita kenal memiliki lima sudut runcing, dikarenakan ketidaksempurnaan di bagian belakang bola mata kita.

"Bintang sebenarnya berbentuk bulat, tetapi tampak runcing dengan beberapa 'lengan terentang'. Hal ini disebabkan sifat cahaya yang melekat dan caranya dibiaskan di sekitar objek," demikian penjelasan yang dikutip dari Science ABC.

Sulture lines yang menghasilkan difraksi cahaya berbeda-beda. Foto: Science ABC

Bentuk cahaya bintang yang kita lihat disebabkan mata kita memiliki serabut bernama sulture lens yang menghubungkan lensa mata. Kondisi sulture lines yang berbeda di setiap mata juga akan menghasilkan bentuk difraksi cahaya yang berbeda-beda.

Bahkan, mata kanan dan kiri kita juga melihat pancaran cahaya yang berbeda. Difraksi ini juga menyebarkan gelombang cahaya warna merah lebih panjang dari warna biru. Karena itu, pancaran cahaya bintang sebetulnya terlihat seperti campuran warna pelangi, dan pada teropong ruang angkasa pun tampak berwarna-warni seperti pelangi.

























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Kenapa Bintang Digambar 5 Sudut, Padahal Aslinya Bulat"