Hagia Sophia

21 February 2023

Bukan Tembok China, Empat Bangunan Ini Terlihat dari Luar Angkasa

Three Gorges Dam. Foto: Future Publishing via Getty Imag/Future Publishing

Dari berbagai bangunan raksasa di permukaan Bumi, Tembok China sering disebut sebagai satu-satunya bangunan yang bisa dilihat dari luar angkasa. Namun mitos ini ternyata telah dibantah oleh para astronaut.

Seorang mantan Komandan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield, mengatakan sejumlah bangunan di Bumi memang bisa dilihat langsung astronaut dari luar angkasa. Bahkan, sebagian bisa dilihat tanpa bantuan lensa apapun, atau hanya dengan mata telanjang.

Wilayah luar angkasa sendiri bisa didefinisikan menggunakan Garis Karman, yang membatasi antara atmosfer Bumi dan antariksa. Nama garis ini berasal dari Theodore von Karman. Lokasinya berjarak 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

Uniknya, Tembok Besar China yang sering disebut bisa dilihat dari luar angkasa saking panjangnya, tidak termasuk dalam struktur yang bisa dilihat astronaut dari luar atmosfer.

Hadfield mengonfirmasi hal tersebut dan mengatakan dalam tweet-nya bangunan Tembok China "terlalu sempit + mengikuti kontur & warna alami" geografi.

Lalu apa saja yang bisa dilihat dari jarak tersebut? Berikut daftarnya, dikutip dari CNBC, Rabu (28/12/2022):

1. Bingham Canyon Mine

Lokasi tambang ini berada sekitar 32 km tenggara Salt Lake City. Tambang tersebut sangat besar sehingga bukan hanya terlihat dari Garis Karman tanpa bantuan tapi bisa juga dari pesawat ulang alik NASA yang terbang antara 305-531 km di atas permukaan laut.

2. Palm Jumeirah Dubai

Hamparan pulau buatan itu diklaim NASA bisa terlihat dari Garis Karman. Bahkan astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dapat melihat dengan jelas menggunakan lensa 800 mm. Sebagai informasi, ISS mengorbit dengan ketinggian rata-rata 400 km di atas permukaan laut.

Palm Jumeirah. Foto: Skydive Dubai/Getty Images

3. Piramida Giza

Khusus untuk Piramida Giza terdapat perdebatan apakah bisa terlihat atau tidak dari luar angkasa. Astronaut asal Inggris, Tim Peake mengatakan tidak bisa tetapi struktur masif bisa terlihat dengan jelas melalui lensa 800 mm. Sementara itu mantan astronaut NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao mengatakan bisa melihat piramida saat berada di orbit.

"Ada banyak yang bisa dilihat dari ISS, bahkan dengan mata telanjang," ucapnya. "Misalnya pernah menemukan piramida besar dengan telefoto dan bisa memilih dua yang besar dengan mata telanjang, selama pencahayaan dan kondisi cuaca baik, sebagai dua titik kecil"

4. Three Gorges Dam

Bendungan yang terbentang di Sungai Yangtze China diungkapkan NASA dapat terlihat dari luar angkasa. Tingginya mencapai 185 meter dengan panjang lebih dari 2 km, ungkap laporan France 24. Bendungan itu merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar dunia. Three Gorges Dam disebut sebagai bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.

Three Gorges Dam. Foto: Future Publishing via Getty Imag/Future Publishing
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "4 Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa, Bukan Tembok China"