Hagia Sophia

21 February 2023

Beberapa Makanan untuk Cegah Penyumbatan Arteri

Sederet makanan pembersih jantung yang bisa dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock/)

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Berdasarkan Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), penyakit jantung menduduki peringkat kedua penyebab kematian terbanyak di 2019.

Biasanya, penyakit jantung disebabkan karena terjadi penyumbatan pada pembuluh arteri sehingga aliran darah menuju jantung tidak mengalir dengan sempurna. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut dengan aterosklerosis.

Dikutip dari Healthline, aterosklerosis muncul ketika terjadi kerusakan pada lapisan dalam arteri. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, peradangan akibat penyakit tertentu, obesitas, dan kebiasaan merokok.

Aterosklerosis tidak memiliki gejala. Proses penumpukan plak dapat terjadi bertahun-tahun sehingga gejala baru muncul ketika aliran darah menuju organ atau jaringan tubuh terhambat. Inilah yang menjadikannya mematikan. Untuk itu, diperlukan asupan serta pola hidup yang baik guna menghindari kondisi ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut merupakan makanan yang dapat mencegah penyumbatan arteri.

Ikan
Jenis ikan seperti salmon, tuna, tenggiri, dan ikan sarden dapat membantu membersihkan pembuluh darah. Jenis-jenis ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kolesterol baik, menurunkan kadar trigliserida, serta mencegah peradangan pada pembuluhan darah.

Kacang
Kacang-kacangan telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Kacang juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi arteri, dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Semua efek ini dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

Asparagus
Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat mencegah penyakit jantung. Makanan ini mengandung serat dan mineral yang melimpah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

Brokoli
Berdasarkan penelitian pada tahun 2015, brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang dapat membantu mencegah penumpukan pada pembuluh arteri. Selain itu, brokoli memiliki kandungan vitamin K yang bekerja untuk mencegah kalsium melakukan kerusakan pada pembuluh arteri.

Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti selada, kangkung, arugula, dan bayam memiliki banyak nutrisi yang dapat melindungi dari aterosklerosis. Sayur-sayuran hijau ini juga merupakan sumber nitrat makanan yang baik yang dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Banyak penelitian juga menyatakan bahwa memakan sayuran hijau merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan Pembersih Jantung, Cegah Pembuluh Darah Tersumbat"