Hagia Sophia

18 February 2023

Childfree Bikin Awet Muda? Ini Tanggapan Kepala BKKBN

Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo, SpOG. Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth

Konsep hidup tanpa anak belakangan menjadi perbincangan hangat di media sosial, pasca selebgram Gitasav menyebut childfree sebagai cara alami untuk awet muda. Menurutnya dengan tidak memiliki anak, ada waktu untuknya tidur cukup delapan jam sehari dan biaya untuk suntik botox.

Menanggapi hal itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjelaskan hidup tanpa anak bukanlah jaminan untuk wanita memiliki tubuh sehat. Justru dengan hamil dan punya anak, ada beberapa risiko penyakit yang bisa dihindari seorang wanita.

Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo, SpOG mencontohkan, wanita menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena tumor payudara.

"Saya sebagai dokter, saya sampaikan, jangan merasa kalau saya tidak pernah hamil dan melahirkan itu saya akan sehat, saya akan bebas, saya akan hebat. itu tidak. Karena beberapa penyakit justru sembuhnya karena hamil. Contoh apa? Penyakit endometriosis, itu nyeri pada saat haid. Kalau hamil membaik atau sembuh," jelasnya saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2023).

Yang terpenting, menurut dr Hasto, perhatikan kematangan dan usianya. Menurutnya, puncak usia manusia tiba di usia 32 tahun. Artinya, penurunan kondisi fisik manusia terjadi di usia 32 tahun ke atas, misalnya berupa pengeroposan tulang dan matinya sel-sel tubuh.

Dengan begitu meski seorang wanita masih memiliki tubuh yang sehat, kehamilan yang terjadi di usia 35 tahun ke atas tetap tergolong sebagai hamil di usia tua.

"Jadi jangan dianggap Tuhan itu membuat orang untuk berproduksi tidak ada tujuannya. Ternyata ada tujuannya dengan orang bereproduksi, ternyata sehat. Yang penting jangan banyak-banyak dan jangan sering-sering. Jangan terlalu muda," pungkasnya.

Terpenting, pastikan benar-benar siap secara fisik, mental, maupun finansial, sebelum memutuskan punya anak ya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Yakin Childfree Bikin Awet Muda? Asal Siap, Punya Anak Justru Lebih Sehat"