Hagia Sophia

18 February 2023

Remaja 19 Tahun Ini Jadi Pasien Alzheimer Termuda di Dunia

Remaja berusia 19 tahun di Beijing, China menjadi pasien alzheimer termuda di dunia (Foto: iStock)

Remaja 19 tahun di China menjadi pasien alzheimer atau penyakit penurunan daya ingat paling muda di dunia. Remaja asal Beijing tersebut diketahui mengalami gejala selama 2 tahun lamanya mulai dari kehilangan ingatan, kesulitan konsentrasi, reaksi yang delay, hingga kesulitan membaca.

Dikutip dari Daily Mail, ketika melakukan pemeriksaan di Capital Medical University di Beijing, remaja tersebut tidak bisa mengingat apa yang dia makan semalam. Tak hanya itu saja, dirinya juga harus mengundurkan diri dari SMA di tahun terakhirnya bersekolah.

Dari tes yang dilakukan terungkap bahwa area hipotalamus yang ada di otaknya yang berfungsi dalam peran kognitif sudah menyusut. Selain itu ditemukan juga kerusakan pada lobus temporal dan peningkatan protein. Hasil pemeriksaan tersebut merupakan sebuah ciri orang pengidap alzheimer.

Dokter yang melakukan pemeriksaan pun bingung karena usia pasien yang sangat muda dan juga tidak ditemukannya riwayat anggota keluarga serta mutasi genetik yang menyebabkan alzheimer.

"Ini adalah kasus termuda yang pernah dilaporkan yang memenuhi kriteria diagnostik kemungkinan (alzheimer) tanpa mutasi genetik yang diketahui," ucap dokter di Capital Medical University Beijing.

Penyakit penurunan daya ingat ini biasanya diidap oleh orang berusia 65 tahun keatas. Presentase diagnosis sebelum usia 65 tahun hanya sebesar kurang lebih 10 persen dari semua kasus alzheimer.

Penemuan dari para peneliti ini tentu saja membantah pemahaman tradisional soal alzheimer yang dianggap sebagai penyakit orang tua.

"Penelitian meminta orang-orang untuk memperhatikan penyakit alzheimer semenjak dini. Menjelajahi misteri anak muda dengan alzheimer menjadi salah satu pertanyaan ilmiah paling menantang di masa depan," ucap peneliti dari Journal of Alzheimer's Disease yang menerbitkan kasus tersebut pada 31 Januari 2023.

Berikut sederet gejala yang timbul dari penderita alzheimer dikutip dari Mayo Clinic:
  • Memiliki kesulitan untuk mengingat atau mudah lupa
  • Mengulangi kalimat ataupun pertanyaan berulang kali
  • Melupakan pembicaraan
  • Tersesat di tempat yang sering dikunjungi
  • Kesulitan dalam membuat penilaian atau keputusan
  • Kesulitan dalam melakukan pekerjaan






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Remaja 19 Tahun di China Jadi Pasien Alzheimer Termuda di Dunia"