Hagia Sophia

18 February 2023

Benarkah Penyakit Jantung Bisa Dideteksi dari Jari?

Bisakah deteksi penyakit jantung lewat jari? (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Ada beberapa gejala yang bisa diperhatikan saat seseorang mengalami penyakit jantung. Mulai dari kesulitan bernapas dan rasa sakit atau nyeri pada dada. Namun, bisakah melakukan deteksi penyakit jantung lewat jari?

Penyakit jantung adalah kondisi saat jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguannya beragam, seperti gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung.

Adanya tanda-tanda penyakit jantung yang bisa dideteksi lewat jari ini mengindikasikan pentingnya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Mengenali tanda-tanda sejak dini bisa mengurangi risiko keparahan dan kegawatan akibat penyakit jantung

Deteksi Penyakit Jantung Lewat Jari

Perubahan Warna Ujung Jari
Dokter spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci dr Vito Anggarino Damay, SpJP(K), mengungkapkan salah satu cara deteksi penyakit jantung lewat jari adalah melihat perubahan warna di ujung jari. Adanya indikasi penyakit jantung dapat terlihat jika ujung jari kaki berwarna lebih pucat, kebiruan, atau bahkan kehitaman, hingga sulit digerakkan.

Menurut dr Vito kondisi tersebut bisa menandakan adanya bekuan-bekuan darah yang terjadi sampai ke ujung jari kaki.

"Kalau ada tanda-tanda seperti ini, kita harus curiga juga kalau penyempitan atau bekuan darah ini ada juga di jantung. Karena pembuluh darah itu sama, mekanisme penyakitnya berjalan bersamaan," jelas dr Vito.

"Orang-orang yang punya kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi itu bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah di seluruh tubuh," sambungnya.

Bintik Gelap di Bawah Kuku Jari
Muncul titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku dapat menjadi salah satu cara deteksi penyakit jantung lewat jari. Kondisi itu bisa menunjukkan adanya infeksi pada lapisan jantung atau katup yang disebut endokarditis.

Tak hanya itu, kondisi ini juga dialami oleh penderita diabetes yang 2-4 kali berisiko besar terkena diabetes.

Clubbing Finger
Deteksi penyakit jantung pada jari lainnya adalah melihat pembengkakan pada jari atau clubbing finger. Kondisi ini ditandai saat jari membengkak dengan kuku yang mengarah ke bawah. Hal itu menjadi indikasi penyakit jantung atau infeksi jantung.

Saat mengalami penyakit jantung, kuku berubah bentuk menjadi lebih tebal dan lebar yang disebabkan lebih banyak jaringan yang diproduksi. Perubahan tersebut biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada kedua tangan.

Deteksi penyakit jantung lewat jari ini menunjukkan adanya masalah jantung karena aliran oksigen tidak mencapai jari dengan benar, sehingga sel menghasilkan 'faktor' yang mendorong pertumbuhan untuk mencoba dan memperbaiki masalah tersebut.

Menurut dr Vito, tanda pada kuku jari ini sering terjadi pada orang dengan penyakit jantung bawaan.

"Jadi, kukunya seperti timbul, jadi lebih besar. Ketika kita satukan jari kanan dan kiri, itu ada celahnya yang dinamakan clubbing finger," jelas dia.

"Selain orang dengan penyakit jantung bawaan, orang yang pernah merokok lama, orang dengan penyakit paru kronis, lalu jadi penyakit jantung juga bisa memiliki tanda ini," pungkasnya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bisakah Mendeteksi Penyakit Jantung Lewat Jari? Begini Kata Dokter"