Hagia Sophia

18 February 2023

Beberapa Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan

Ilustrasi sawi putih. (Foto: iStock)

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tentu sudah tak diragukan lagi. Sejak dulu, jenis sayuran satu ini dikenal memiliki beragam manfaat karena kandungan nutrisi penting di dalamnya. Tak heran, jika masyarakat Indonesia gemar mengolah sawi putih menjadi aneka menu masakan lezat.

Sawi putih memiliki nama lain Napa Cabbage biasa dikonsumsi orang-orang Asia. Adapun kandungan yang terkandung di dalam sayur ini, seperti air, protein, zat besi, dan natrium, yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Sawi Putih untuk Kesehattan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat sawi putih untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Meredakan Inflamasi
Sawi putih memiliki antioksidan yang bisa melawan inflamasi atau peradangan. Sayuran ini juga memiliki kandungan lain yaitu glukosinolat.

"Ketika senyawa ini dimakan dan diserap ke dalam jaringan, mereka bereaksi dengan protein pemberi sinyal dalam sel yang menghasilkan enzim antioksidan dan anti-inflamasi, protein, dan molekul pelindung lainnya oleh sel," kata ilmuwan makanan Bryan Q Le, PhD.

"(Proses ini) membantu tubuh melepaskan diri dari spesies oksigen yang sangat reaktif dan produk limbah beracun lainnya. Ini dapat menyebabkan pengurangan peradangan dan stres oksidatif, yang dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, karsinogen, dan gangguan metabolisme seperti diabetes," lanjutnya.

2. Mencegah Kanker
Departemen Pertanian AS (USDA) mencatat satu cangkir sawi putih mengandung 25 mg vitamin C. menurut penelitian, diet tinggi vitamin C dapat berperan dalam mencegah kanker paru-paru, payudara, dan pankreas.

3. Baik untuk Ibu Hamil
Sawi putih mengandung kalsium, asam folat, vitamin A, B2, dan C yang menjadikannya nutrisi yang bagus untuk ibu hamil. Selain bermanfaat bagi ibu hamil, sawi putih juga bisa memperkuat otot dan tulang janin.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi
Sawi putih kaya akan vitamin K yang menjaga kesehatan tulang dan membantu memperkuat tulang. USDA mencatat satu cangkir sawi putih mengandung sekitar 53 gram vitamin K.

5. Menurunkan Kolesterol
Manfaat sawi putih berikutnya adalah menurunkan kolesterol. Kandungan antosianin di dalamnya memiliki zat antiinflamasi yang dapat memberikan efek positif bagi tekanan darah. Antosianin juga memiliki konsentrasi beta karoten dan vitamin C yang membantu menurunkan kolesterol, bahkan bisa mencegah pembentukan gumpalan darah di arteri yang memicu penyakit jantung.

6. Menyehatkan Jantung
Sebuah penelitian pada tahun Februari 2021 di The British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayuran memiliki lebih sedikit kalsifikasi aorta perut, yang merupakan faktor risiko kejadian kardiovaskular.

Dikutip dari Healthier Steps, mengonsumsi sawi putih secara teratur juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 46 persen.

7. Melancarkan Pencernaan
Sebagai sumber serat yang baik, sawi putih bisa meminimalkan gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit. Salah satu olahan sawi putih yang terkenal bisa melancarkan pencernaan yaitu kimchi.

Namun, bagi sebagian orang, senyawa sulfur dalam sawi putih dapat menyebabkan gas dan kembung. Oleh sebab itu, seseorang perlu mengetahui tingkat toleransi terhadap konsumsi sawi putih.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan, Termasuk Menurunkan Kolesterol"