Hagia Sophia

18 February 2023

Olahraga yang Bisa Hilangkan Stres di Akhir Pekan

Yoga menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk self healing. (Foto: Shutterstock)

Akhir pekan merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu. Di akhir pekan, kita melepaskan diri sejenak dari kesibukan bekerja, sekolah, atau kuliah.

Biasanya, akhir pekan menjadi hari melepas stres dengan jalan-jalan, berkumpul bersama keluarga, hingga berolahraga supaya tubuh tetap bugar.

Ada 5 olahraga yang bisa dilakukan untuk mengenyahkan stres di akhir pekan. Cocok dilakukan sendiri atau bersama kerabat dekat.

Olahraga yang Bisa Mengusir Stres

1. Meditasi
Dikutip dari Entrepreneur, meluangkan waktu beberapa menit untuk meditasi membuat Anda merasa tenang dan rileks. Meditasi membantu memperdalam pemahaman tentang kekuatan mistik dan keheningan jiwa batin.

Selama meditasi, fokuslah pada kata-kata, gambar, atau pikiran positif tertentu. Anda harus berada dalam posisi paling nyaman dan lingkungan yang tenang. Proses ini dapat menjernihkan pikiran dan meningkatkan kebugaran fisik dan emosional tubuh.

2. Yoga
Yoga adalah cara terbaik meredakan stres. Tiga pendekatan yoga untuk relaksasi dan mengurangi stres dapat berupa latihan pernapasan, relaksasi otot progresif, dan visualisasi. Yoga meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas.

Pose yoga sering diajarkan sebagai latihan fisik yang kuat, tetapi sangat bermanfaat dalam membantu menenangkan pikiran. Beberapa pose yoga yang mengurangi kecemasan seperti Bridge Pose, standing forward bend, corpse pose, head to knee forward bend, dan legs up the wall.

3. Tai Chi
Secara medis, tai chi terbukti dapat mencegah penyakit, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi stres. Dikutip dari Healer Within Foundation, tai chi terdiri dari latihan-latihan sederhana.
  • Mindful Movements, yaitu latihan lembut yang menggerakkan, merilekskan, meregangkan tubuh. Latihan ini meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.
  • Latihan pernapasan, berfungsi sebagai penghilang stres, meningkatkan sirkulasi dan energi, dan meningkatkan proses penyembuhan alami tubuh.
  • Pijat mandiri, berfungsi untuk merangsang aliran energi dan sirkulasi ke seluruh tubuh.
  • Meditasi, bertujuan merilekskan tubuh, memusatkan pikiran, dan menenangkan emosi.
4. Berjalan ringan
Berjalan ringan dapat mengurangi timbulnya kondisi yang berhubungan dengan stres, termasuk penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol, dan diabetes. Berjalan melepaskan ketegangan otot, memperdalam pernapasan, dan menenangkan sistem saraf. Berjalan di alam terbuka juga membuat tubuh lebih rileks.

Bagi pemula, Anda bisa mencoba berjalan kaki 10 menit selama 2 kali seminggu. Bisa juga meningkatkan durasi berjalan selama 30 menit setiap minggu sebanyak 5-6 kali.

5. Pilates
Pilates adalah serangkaian latihan yang menekankan kesadaran tubuh, kekuatan inti, dan keselarasan yang tepat. Pilates dikenal dapat mengurangi nyeri punggung dan leher, serta stres.

"Dengan fokus yang sama pada penguatan dan pemanjangan otot, pilates menciptakan keharmonisan fisik yang tidak membuat stres menjadi mudah," kata pakar kebugaran Ellen Barrett, dikutip dari Everyday Health.





















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Olahraga yang Cocok Buat Self Healing di Akhir Pekan, Bye-bye Stres"