Hagia Sophia

11 February 2023

Gunakan Jet Pribadi, Presiden Turki Selamatkan 16 Bayi Korban Gempa Turki-Suriah

Momen penyelamatan 16 bayi korban gempa. (Foto: Mehmet Ali Ozcan/Anadolu Agency via Getty Images)

Gempa berkekuatan 7,7 magnitudo di selatan Turki, yang berbatasan langsung dengan Suriah, memakan banyak korban. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan penyelamatan terhadap 16 bayi di daerah tersebut menggunakan jet pribadi.

Bayi-bayi tersebut merupakan korban yang tertimbun puing-puing imbas gempa. Mereka diterbangkan ke tempat yang lebih aman.

Dikutip dari Telegraph, foto-foto tersebut dirilis media milik pemerintah di tengah kemarahan warga Turki akibat Erdogan, yang dituduh salah mengatasi kondisi darurat. Media pemerintah menggambarkan bayi-bayi yang berusia 6 hari hingga 12 bulan sebagai 'bayi tanpa wali'.

Setelah pesawat mendarat, bayi-bayi tersebut dikumpulkan oleh ibu asuh dari Kementerian Keluarga dan Layanan Sosial Turki. Identitas mereka atau keadaan penyelamatan ke-16 bayi tidak diketahui.

Ibu Negara Turki, Emine Erdogan mengunggah foto-foto ketika ia mengunjungi bayi-bayi korban gempa. Ia mengabarkan kondisi bayi yang sehat dan 'memberikan kami sedikit semangat'.

"Pemeriksaan awal sudah dilakukan, dan itu menunjukkan mereka tidak memiliki masalah," ujar Emine dalam akun Instagramnya @emineerdogan, Kamis (9/2/2023).

"Mereka berada di tangan negara yang aman," lanjutnya.


Kepala dokter di rumah sakit Etlik Ankara Dr Bulent Gungorer, mengatakan kepada kantor berita Anadolu bahwa para dokter tidak menemukan masalah kesehatan apapun bahkan pada kedua bayi yang dikeluarkan dari reruntuhan.

Sementara itu, Erdogan sedang menghadapi kemarahan publik akibat dianggap 'tidak becus' menangani situasi gempa terburuk selama delapan dekade ini. Pemerintahannya juga dipertanyakan karena tidak benar-benar menegakkan aturan soal bangunan tahan gempa di Turki hingga mengakibatkan banyak bangunan rusak.

Sebelumnya, Erdogan tampil di hadapan publik pada hari Rabu (8/2) ketika dia mengunjungi daerah yang terkena dampak termasuk kota Kahramanmaras. Pemerintah Turki melaporkan, jet pribadi milik Erdogan digunakan untuk mengevakuasi korban yang terluka dan juga memindahkan tim penyelamat ke seluruh negeri.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Erdogan dan Istri Selamatkan 16 Bayi Korban Gempa Turki-Suriah Pakai Jet Pribadi"