Hagia Sophia

11 February 2023

Update COVID-19: 11 Februari 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 200 dan 2 Meninggal

istimewa

Kasus Corona di Indonesia terpantau terus melandai, per Sabtu (11/2/2023) 'hanya' bertambah 200 kasus baru, sementara kasus sembuh bertambah 211. Pada hari yang sama, dilaporkan dua kematian COVID-19 baru sehingga akumulatif sebanyak 160.800 jiwa.

Jumlah itu didapat dari 21.192 spesimen yang diperiksa dan 1.364 suspek. Seiring dengan itu, penambahan jumlah orang yang divaksinasi COVID-19 booster kedua terus meningkat, ada 56.929 orang yang menerima vaksinasi COVID-19 dosis keempat.

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan jika vaksin booster saat ini diprioritaskan untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas.

"Gratis (vaksin booster kedua). Diutamakan bagi mereka yang sudah lebih dari enam bulan setelah mendapat vaksinasi booster pertama. Bisa cek tiket di PeduliLindungi," ucap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Situasi pandemi di Indonesia pada saat ini diketahui sudah jauh lebih terkendali. Bahkan peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia pun sudah dicabut. Sehingga masyarakat sudah bisa beraktivitas dan berinteraksi dengan lebih bebas.

Menkes Budi buka suara soal nasib tes COVID-19, vaksinasi, hingga obat-obatan pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut. Di masa transisi pandemi ke endemi, Menkes menyebut pemerintah tidak lagi mengeluarkan banyak pelarangan.

Contohnya, pemakaian masker. Warga kini dibebaskan tidak memakai masker jika merasa dirinya aman dari penularan COVID-19. Jika berada di kerumunan dan tidak ada orang sekitar batuk atau bersin, menurut Menkes boleh-boleh saja melepas masker.

"Kita sudah lihat pandemi ini terkendali, masyarakat sekarang hanya diimbau prokesnya, hati-hati kalau memang masyarakat merasa sehat nggak apa-apa nggak pakai masker, tapi kalau merasa tidak sehat ya pakai maskernya," sambung dia.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 11 Februari: Tambah 200 Kasus Baru, Kasus Aktif Jadi 4.103"