Hagia Sophia

11 February 2023

Kisah Beberapa Bayi yang Lahir dengan Berat Badan 10 Kg

Ilustrasi bayi (Foto: thinkstock)

Asupan nutrisi sehat yang seimbang penting dicukupi selama masa kehamilan. Tak hanya berguna bagi kesehatan sang ibu, pola makan ini merupakan bekal janin agar tumbuh secara normal dan optimal.

Umumnya, berat badan normal bayi setelah sejam dilahirkan dengan masa kehamilan 38-40 minggu adalah 2,7-4 kg. Berat bayi lahir dibagi jadi tiga golongan, yakni rendah (kurang dari 2.500 gram), normal (2.500-3.999 gram), dan tinggi (lebih dari 4.000 gram).

Namun, tahukah kamu? Ternyata ada kelahiran bayi yang bobotnya lebih dari empat kilogram, bahkan hampir 10 kg. Wah, kok bisa? Simak ceritanya berikut ini dikutip dari Mirror:

1. Akbar Risuddin

Akbar Risuddin merupakan bayi asal Indonesia yang dilahirkan dari rahim ibu bernama Ani pada 2009. Ketika dilahirkan, Akbar punya panjang tubuh enam sentimeter dan bobot 8,7 kg. Ukurannya itu setara dengan tiga bayi normal atau anak berumur satu tahun.

Beban yang tidak normal ini disebabkan oleh ibu yang mengidap diabetes gestasional, yakni gula darah tinggi yang terjadi saat kehamilan. Akibatnya, ia terbiasa mengonsumsi glukosa (gula) sejak dalam rahim.

"Bayi yang berat ini membuat operasi sangat sulit, terutama proses membawanya keluar dari rahim ibunya karena kakinya sangat besar," kata dr Binsar Sitanggang, dokter yang membantu proses lahiran Akbar.

2. Nadia Khalina

Nadia Khalina lahir pada 2007. Bayi dengan berat 7,7 kg ini anak ke-12 dari Tatyana Khalina asal Siberia. Beratnya yang cukup fantastis, membuat Nadia harus dirawat dulu di rumah sakit selama sebulan sebelum akhirnya dipulangkan ke keluarga.

Mulanya, kelahiran Nadia ini tidak rencanakan oleh orang tuanya karena faktor ekonomi yang tak lagi mampu mencukupi kebutuhan 14 orang dalam delapan juta per bulan. Karena itu, keluarganya hanya mampu makan roti dan sup setiap hari.

3. Ademilton dos Santos

Ademilton dos Santos, bayi asal Brasil lahir dengan berat 7,7 kg. Ibunya, Francisca Ramos dos Santos, sejak hamil sebenarnya sudah tahu bahwa bayi di dalam kandungannya punya berat yang tidak biasa. Sebab itu, ia mengambil tindakan caesar. Sama halnya dengan Ani, Francisca mengidap diabetes gestasional ketika hamil anak keempat anaknya ini.

Perjuangan Fransisca patut diacungi jempol karena berhasil melahirkan anak yang beratnya sama dengan rata-rata bayi berusia enam bulan. Pemimpin rumah sakit yang kala itu merawat Francisca menjelaskan kondisinya dan Ademiltom itu baik-baik saja. Meski begitu, ia tetap tidak menyangka anaknya lahir dengan bobot luar biasa.

4. Chesner Abels, Afrika Selatan, 7,5 kg

Cathleen Abels terkejut saat melahirkan putrinya Chesner pada Maret 2007 di Rumah Sakit Tygerberg di Cape Town. Sebab ia berhasil melahirkan Chesner secara normal, setelah kehamilan nya dilaporkan bebas dari komplikasi. 

Namun, dari empat anak yang memiliki bayi sebelumnya jauh lebih kecil, mengatakan Chesner akan menjadi bayi terakhirnya.

5. Bayi laki-laki tanpa nama, Italia, 10,2 kg

Menurut Guinness World Records, bayi sehat terbesar yang pernah dilahirkan lahir dari Bunda Carmelina Fedele pada September 1955. Hanya sedikit informasi yang dapat diketahui tentang kelahiran nya, tapi yang pasti, Bunda dan Si Kecil dalam keadaan sehat selama dan setelah melahirkan.

6. Bayi tanpa nama, Amerika Serikat, 9,9 kg

Seorang bayi memecahkan rekor karena beberapa alasan pada tahun 1879 ketika ia lahir dari sang Bunda yang bernama Anna Haining Bates. Anna sendiri adalah seorang yang pernah menjadi pemecah rekor, karena memiliki tinggi 2,4 meter, dan terkenal di seluruh dunia karena tinggi badannya.

Dia menikah dengan Martin van Buren Bates, yang memiliki tinggi badan 2,3 meter. Setelah dua tahun berpacaran, pasangan itu menikah pada 17 Juni 1871, dan dua tahun kemudian Anna melahirkan putra pertama mereka.

Berdasarkan informasi, pada saat hamil Anna sempat mengalami pecah ketuban sehingga menyebabkan ia kehilangan banyak cairan. Si Kecil yang berada di dalam kandungan berhasil dilahirkan, namun sayangnya ia hanya hidup selama 11 jam.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah 6 Bayi 'Raksasa' Terberat di Dunia, Ada yang Nyaris 10 Kg Saat Lahir"