Hagia Sophia

19 March 2023

Tips untuk Hilangkan Stretch Mark yang Muncul di Tubuh

Foto: iStock

Stretch mark merupakan guratan atau garis-garis halus yang muncul di area tubuh tertentu, seperti di payudara, perut, pinggul, paha, dan bokong. Kondisi ini biasanya terjadi ketika elastisitas kulit berkurang akibat mengalami penyusutan atau pelebaran.

Cara menghilangkan stretch mark secara cepat bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Berikut penjelasan lengkap mengenai stretch mark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat

Dikutip dari buku Beauty Undercover for Muslimah oleh dr Davrina Rianda, ciri-ciri stretch mark yaitu adanya garis yang panjang, dangkal, dan berwarna berbeda dibandingkan kulit kamu. Berikut cara menghilangkan stretch mark dengan aman, mudah, dan cepat.

1. Minyak Kelapa
Dilansir dari buku Dahsyatnya VCO oleh Mawardin M. Simpala, minyak kelapa bisa digunakan untuk mengobati dan menghilangkan stretch mark. Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya bekas luka atau stretch mark baru.

Caranya, teteskan minyak kelapa di bagian stretch mark, lalu pijat selama 5 menit dan biarkan selama 10 menit agar meresap. Lakukan metode ini setiap hari untuk meredakan garis halus stretch mark pada kulit.

2. Microneedling
Cara menghilangkan stretch mark yang kedua yaitu dengan microneedling. Dikutip dari Cleveland Clinic, microneedling merupakan teknik menusuk dengan jarum tipis yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan serat kolagen dan elastin baru agar kulit lebih kencang.

Sebagian orang akan melihat hasil yang lengkap dalam waktu empat sampai enam bulan. Efek samping dari microneedling termasuk iritasi, perubahan warna kulit, pembengkakan, dan kulit terkelupas.

3. Aloe Vera
Fungsi dari aloe vera salah satunya untuk menyembuhkan guratan pada area tubuh tertentu. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat bekerja memproduksi kulit baru.

4. Dermabrasion
Dermabrasion adalah prosedur yang dilakukan dokter kulit menggunakan alat khusus untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Proses ini meningkatkan kontur kulit kamu dan menghasilkan kulit baru yang mulus tanpa stretch mark.

Kemungkinan akan memakan waktu setidaknya dua minggu untuk menyembuhkan kulit kamu setelah melakukan prosedur ini. Efek samping dari dermabrasion yakni milia, hiperpigmentasi, hipopigmentasi, pembengkakan, dan pori-pori membesar.

5. Retinol
Retinoid adalah senyawa kimia turunan dari vitamin A yang berfungsi untuk mengatasi stretch mark, penuaan dini, dan jerawat. Saat ini, banyak krim perawatan kulit yang dijual bebas untuk memperbaiki masalah stretch mark.

Krim retinol memerlukan setidaknya enam bulan penggunaan secara rutin sebelum kamu melihat hasilnya. Pengaruh dari obat ini yaitu kulit kering, iritasi, perubahan warna dan sensitivitas cahaya.

Penyebab Stretch Mark pada Tubuh

Ketika kulit kamu dengan secara cepat meregang atau menyusut, itu menyebabkan elastin dan kolagen di kulit pecah. Peran utama elastin yaitu untuk menjaga kulit tetap fleksibel dan kencang, sedangkan kolagen memberikan struktur, kekuatan, dan dukungan pada kulit kamu.

Umumnya stretch mark ditemukan pada daerah tempat lemak disimpan, seperti di daerah perut, lengan atas, paha, dan bokong. Namun, paling sering dijumpai pada ibu hamil, orang yang terkena obesitas, dan remaja yang sedang mengalami growth spurt/percepatan pertumbuhan.

Pada ketiga kondisi di atas, kulit mengalami peregangan di luar batasnya, sehingga menimbulkan stretch mark. Ada beberapa kondisi lain yang memungkinkan untuk menimbulkan stretch mark, seperti adanya penyakit medis yang mendasari penggunaan krim kortikosteroid.

Krim kortikosteroid kerap diresepkan untuk penyakit kulit akibat alergi yang dapat menekan produksi kolagen. Hal ini menyebabkan timbulnya stretch mark di bagian tertentu.

Gejala Kemunculan Stretch Mark

Sebelum bertambah buruk, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu gejala dan tanda kemunculan stretch mark. Antara lain:
  • Perubahan warna menjadi merah, biru, hitam, ungu, atau cokelat.
  • Kulit secara bertahap menjadi mengkilap dan tampak bergaris putih.
  • Rasa gatal.
  • Iritasi.
Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi detikers yang ingin menghilangkan stretch mark.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Cara Menghilangkan Stretch Mark Agar Tampil Lebih Percaya Diri"