Hagia Sophia

19 March 2023

Penampakan Awan Bentuk UFO Muncul di Hawaii

Awan UFO atau Lenticular terabadikan di Hawaii. Foto: Twitter/keckobservatory

Awan berbentuk UFO muncul di area gunung berapi Mauna Kea dan Mauna Loa. Pekerja di Observatorium Luar Angkasa Hawaii sempat mengabadikan wujudnya.

Staf di Observatorium WM Keck begitu kaget melihat kemunculan awan berbentuk piring terbang di langit. Meski tertegun, mereka garcep memotretnya sebelum menghilang dan mempostingnya di medsos.

"Kami melihat beberapa UFO hari ini!" tulis Observatorium di Twitter. "Atau lebih tepatnya, doppelganger mereka. Lihatlah foto-foto menakjubkan yang diambil beberapa Keckies dari awan lenticular berbentuk piring terbang yang melayang di dekat Maunakea dan Mauna Loa. Apa kau juga melihat mereka?"
Apa itu Awan Lenticular?

Awan lenticular merupakan salah satu jenis awan yang memiliki bentuk cembung dan pipih yang seringkali disamakan dengan bentuk UFO atau piring terbang. Awan ini terbentuk di atas pegunungan atau bukit-bukit dengan kondisi angin yang stabil dan berubah-ubah.

Awan lenticular terbentuk ketika udara yang naik ke atas gunung mendingin di ketinggian tertentu dan membentuk awan. Angin yang stabil dan berubah-ubah di sekitar gunung membuat awan ini terlihat seperti mengambang di tempat yang sama dan membentuk lapisan-lapisan yang sering kali berbentuk cembung.

Awan UFO di Hawaii Foto: Twitter/keckobservatory

Awan lenticular terkadang terlihat seperti tumpukan piring-piring atau bulatan yang saling bertumpuk. Ukuran dan jumlah awan lenticular dapat bervariasi tergantung pada kondisi angin dan cuaca di daerah tersebut. Awan lenticular biasanya terbentuk di ketinggian antara 2.000 hingga 6.000 meter di atas permukaan laut.

Meskipun sering disamakan dengan bentuk UFO, namun awan lenticular tidak memiliki kaitan apapun dengan keberadaan UFO atau makhluk luar angkasa. Awan lenticular adalah fenomena alam yang sangat menakjubkan dan sering dijadikan sebagai objek fotografi karena keindahannya.

Kendati begitu awan lenticular kerap menjadi pertanda cuaca buruk. Jika awan lenticular terlihat semakin tebal dan terus-menerus bertambah besar, maka hal ini bisa menjadi tanda akan terjadi badai atau hujan lebat di daerah tersebut.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Awan Berbentuk UFO Muncul di Hawaii"