Hagia Sophia

20 June 2023

Beberapa Menu Sarapan Ini Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Ilustrasi sarapan telur. (Foto: iStock)

Kebanyakan orang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya karena berat badan berlebih. Berbagai cara akan dilakukan untuk mengurangi berat badan hingga mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan saat pagi hari.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membuat tubuh menyimpan energi dan nutrisi yang bisa dipakai untuk beraktivitas seharian. Namun, tak sedikit orang yang justru sarapan dengan makanan asal-asalan Hal inilah yang menggagalkan proses penurunan berat badan.

Oleh karena itu, pilih makanan yang rendah kalori namun padat nutrisi, seperti protein dan serat. Dikutip dari Healthline, berikut 6 menu sarapan yang bisa menurunkan berat badan:

1. Telur

Mengonsumsi telur saat diet sangat efektif dalam mengurangi nafsu makan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh. Putih telur juga rendah kalori dan mengandung lemak baik sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat pagi hari. Telur bisa dikonsumsi dengan berbagai cara pengolahan, namun telur rebus paling baik untuk menurunkan berat badan.

2. Roti gandum

Gandum dapat membantu untuk mengurangi berat badan karena mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, asupan serat yang dimiliki oleh biji gandum sangat bermanfaat untuk proses penurunan berat badan. Roti gandum bisa dikombinasikan dengan telur yang kaya akan protein dan alpukat yang mengandung lemak sehat.

3. Oatmeal

Oat yang rendah kalori tetapi memiliki protein dan vitamin yang tinggi dapat menurunkan berat badan. Selain itu, makanan ini juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah peningkatan atau penurunan nafsu makan. Untuk menikmati oatmeal, bisa menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

4. Pisang

Buah pisang memiliki tinggi serat dan karbohidrat sehingga sangat cocok menjadi alternatif dari sarapan instan. Adanya kandungan serat yang tinggi dapat membantu dalam memperlambat pengosongan perut dan membuat perut kenyang lebih lama. Pisang juga bersifat pati resisten sehingga tidak mudah hancur dalam lambung dan usus halus.

5. Smoothies

Menu sarapan pagi yang cepat, mudah dibuat, dan praktis adalah smoothie. Makanan ini banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang berasal dari campuran sayuran serta buah-buahan. Smoothie dikonsumsi sebagai pengganti makanan atau cemilan, tetapi perlu memastikan bahwa smoothie cukup mengenyangkan. Selain itu, perlu memperhatikan pilihan buah dan tidak memakai gula secara berlebihan.

6. Teh Hijau

Teh hijau tanpa gula memiliki nol kalori dan penelitian juga mengatakan bahwa teh hijau membantu dalam mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu, teh hijau memiliki kandungan kafein dan katekin, yaitu antioksidan yang mendukung pembakaran lemak. Teh hijau juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah risiko terjadinya penyakit jantung, kanker, dan diabetes.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Menu Sarapan Diet Ampuh Pangkas BB, Termasuk Telur"