Hagia Sophia

20 June 2023

Wanita Ini Didiagnosa Idap Bronkitis Usai Pacaran dengan Perokok, Sempat 5 Kali Opname

Viral seorang wanita mengidap bronkitis setelah pacaran dengan perokok. (Foto: Tangkapan layar TikTok @karinaslina atas izin yang bersangkutan)

Viral curhatan seorang wanita di media sosial TikTok, yang didiagnosis bronkitis. Diketahui, kondisi yang dialaminya itu terjadi setelah bertemu dengan kekasihnya yang perokok.

Pengguna TikTok dengan username @karinasliana menceritakan awal mula dirinya mengidap penyakit pernapasan itu. Awalnya, pada 2020 ia dan kekasihnya berhubungan jarak jauh dan jarang sekali bertemu.

Pada 2021, keduanya cukup sering bertemu secara langsung. Saat bertemu, pacarnya selalu merokok di sampingnya.

"Sebelumnya kita virtualan, paru-paru gue masih bersih. Sejak dia datang, sering hirup asapnya kalau dia merokok. Soalnya selalu merokok di samping," tulis Karina lewat akun TikTok miliknya yang dilihat detikcom, Senin (19/6/2023).

Wanita bernama Karina Septiliana itu mulai merasa sering sesak napas. Hingga pada beberapa bulan terakhir, baru ketahuan dirinya mengidap bronkitis.

Sebelumnya, Karina sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) dan diperbolehkan pulang. Namun jeda beberapa bulan kemudian, ia kembali ke IGD karena sesak napas. Melihat kondisinya, dokter mulai curiga adanya infeksi saluran pernapasan.

"Setelah itu, beberapa bulan kemudian kembali ke IGD dengan keluhan sesak nafas. Tapi, saat diperiksa, dokternya curiga kalau aku ada infeksi saluran pernapasan," kata Karina saat dihubungi detikcom, Senin (19/6).

"Aku nggak percaya, karena aku nggak pernah batuk. Jadi aku pikir dokter salah diagnosa, dan aku merasa sesak nafasku ini karena asam lambung," sambungnya.

Untuk memastikan kondisinya, dokter meminta wanita 22 tahun itu untuk melakukan rontgen. Hasilnya, Karina mengidap bronkitis.

Bahkan Karina juga mengaku sudah diopname sebanyak lima kali sejak 2022 hingga 2023. Setelah dirontgen, baru ketahuan kalau dirinya mengidap bronkitis.

Karina langsung diarahkan untuk dirawat di Rumah Sakit Sari Asih Serang. Beberapa minggu setelah dirawat, dia baru mulai merasakan gejala bronkitis yang lainnya.

"Beberapa minggu sepulang dari RS, aku baru merasakan gejala bronkitis seperti batuk berdahak, sesak nafas seperti ada yang menyumbat di dada. Rasanya penuh sesuatu yang bikin nafasku pendek," pungkasnya.

Sampai saat ini, Karina masih berobat jalan ke rumah sakit. Ia mengkonsumsi obat dan memeriksakan kondisinya secara rutin sampai kondisinya nanti membaik.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Idap Bronkitis usai Berpacaran dengan Perokok, Sampai 5 Kali Opname"