Hagia Sophia

20 June 2023

Mirip di Film Fiksi Ilmiah, Planet Ini Miliki 2 Matahari

Mirip Dunia Star Wars, Astronom Temukan Planet yang Punya Dua Matahari Foto: NASA Goddard Spaceflight Center/Chris Smith (USRA)

Planet Tatooine di semesta Star Wars yang memiliki dua matahari ternyata bukan karangan fiksi ilmiah semata. Astronom baru saja menemukan exoplanet yang mengelilingi dua matahari sekaligus.

Tim peneliti internasional menemukan planet yang mengelilingi dua bintang atau yang dikenal dengan istilah planet circumbinary. Hingga saat ini peneliti sudah mendeteksi 14 planet circumbinary.

"Planet circumbinary awalnya dianggap tidak ada, karena bintang biner mengacaukan cakram pembentuk planet, menciptakan lingkungan yang keras bagi pembentukan planet," kata ahli astrofisika dari Open University England Matthew Standing, seperti dikutip dari Space, Senin (19/6/2023).

"Ini semua berubah dengan penemuan Kepler-16b di 2011 oleh teleskop luar angkasa Kepler. Penemuan ini menunjukkan bahwa planet-planet ini bisa saja terbentuk," sambungnya.

Penemuan planet dengan dua bintang ini terjadi secara tidak sengaja. Astronom awalnya ingin menyelidiki massa planet TOI-1338b yang mengelilingi sistem biner TOI-1338 yang jaraknya sekitar 1.320 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pictor.

Menggunakan European Souther Observatory dan Very Large Telescope yang berada di Gurun Atacama, Chili, astronom tidak berhasil mengukur massa TOI-1338b. Mereka justru menemukan planet kedua di sistem biner yang sama.

Planet baru ini dinamai BEBOP-1c sebagai pelengkap untuk proyek yang mengumpulkan data tentang planet ini, Binaries Escorted By Orbiting Planets (BEBOP). BEBOP-1 juga merupakan nama lain untuk sistem biner TOI-1338.

BEBOP-1c merupakan planet gas raksasa dengan massa 65 kali lebih besar daripada Bumi dan sekitar lima kali lebih kecil dari Jupiter. Planet ini mengorbit bintangnya dengan jarak 79% dari unit astronomi (AU) dan membutuhkan sekitar 215 hari untuk menyelesaikan satu orbit.

Sebagai perbandingan, TOI-1338b yang merupakan saudara BEBOP-1c berjarak 46% AU dari bintangnya dan membutuhkan 95 hari untuk mengelilingi bintangnya. Astronom memperkirakan planet ini memiliki massa 22 kali lebih besar daripada Bumi.

TOI-1338b sendiri merupakan planet yang ditemukan NASA pada tahun 2020 menggunakan teleskop luar angkasa TESS. Uniknya, planet ini ditemukan oleh anak SMA yang sedang magang di NASA.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Mirip Film Star Wars, Ada Planet Punya Dua Matahari"