Hagia Sophia

06 July 2023

3 Juli 2023 Merupakan Hari Terpanas yang Tercatat Secara Global

3 Juli 2023 Jadi Hari Terpanas Sepanjang Sejarah Foto: REUTERS/Tingshu Wang

Sempat merasa kegerahan pada hari Senin kemarin, detikers? Kalian tidak sendiri karena 3 Juli 2023 merupakan hari paling panas yang pernah tercatat secara global.

Menurut data US National Center for Environmental Predictions, suhu rata-rata global pada 3 Juli 2023 kemarin mencapai 17,01 derajat Celsius. Angka ini mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 16,92 derajat Celsius yang tercatat pada Agustus 2016.

Ini pertama kalinya suhu rata-rata global melewati angka 17 derajat Celsius sejak satelit mulai memantau suhu global pada tahun 1979. Ilmuwan juga meyakini Senin kemarin merupakan hari terpanas dalam catatan sejarah sejak manusia mulai menggunakan instrumen untuk mengukur suhu harian pada akhir abad ke-19.

"Ini bukan tonggak sejarah yang harus kita rayakan. Ini adalah hukuman mati bagi manusia dan ekosistem," kata pakar iklim dari Imperial College London Friderikke Otto, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/7/2023).

Beberapa wilayah yang sempat terpanggang suhu panas dalam beberapa pekan terakhir termasuk Amerika Serikat bagian selatan yang mencatatkan temperatur hingga 43 derajat Celsius.

China juga mengalami gelombang panas yang membuat temperatur melonjak hingga 35 derajat Celsius. Sementara itu suhu di Afrika Utara hampir mencapai 50 derajat Celsius.

Bahkan di Antartika, benua yang identik dengan suhu dingin, merasakan temperatur yang lebih hangat dari biasanya. Vernadsky Research Base milik Ukraina yang berada di Kepulauan Argentina belum lama ini memecahkan rekor untuk temperatur di bulan Juli yang mencapai 8,7 derajat Celsius.

Menurut ilmuwan penyebab utama suhu menjadi semakin panas merupakan kombinasi dari El Nino dan perubahan iklim. Studi menunjukkan bahwa perubahan iklim berperan membuat gelombang panas menjadi lebih sering, lebih lama, dan lebih panas dari sebelumnya.

"Kini setelah fase hangat El Nino dimulai, kita dapat memperkirakan lebih banyak rekor harian, bulanan, dan tahunan yang dipecahkan dalam 1,5 tahun ke depan," kata peneliti iklim Leon Simons.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "3 Juli 2023 Jadi Hari Terpanas Sepanjang Sejarah"