Hagia Sophia

06 July 2023

Pengantin Meninggal Usai Ijab Kabul, Ini Kata Dokter

Pengantin wanita di Palembang meninggal setelah 5 menit ijab kabul. (Foto: Istimewa)

Beberapa waktu lalu heboh seorang wanita bernama Dwi Oktaviani (39) asal Palembang meninggal dunia 5 menit setelah proses ijab kabul. Dwi meninggal dunia pada Minggu (2/7/2023) di acara resepsi pernikahannya.

Pihak keluarga mengatakan, pada saat acara Dwi mendadak tidak sadarkan diri. Pihak keluarga lantas melarikannya ke rumah sakit namun nyawanya tidak sempat tertolong.

Dwi disebut meninggal dunia karena mengalami kelelahan dan juga hipertensi.

"Benar saudara kami meninggal kemarin. Usai ijab kabul pingsan lalu dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia," ucap pihak keluarga Dwi dikutip dari detiksumbangsel.

"Ada riwayat penyakit tapi umur tidak ada yang tahu. Ijab kabul pagi, meninggal juga pagi, jadi sore dimakamkan," tambahnya.

Kelelahan Tak Bisa Jadi Penyebab Tunggal Kematian

Terlepas dari kejadian yang menimpa pengantin wanita asal Palembang tersebut, dokter spesialis jantung dr Vito A Damay, SpJP mengatakan bahwa kelelahan tidak bisa menjadi penyebab tunggal kematian seseorang. Menurutnya, seseorang yang meninggal mendadak umumnya sudah mengidap penyakit lain sebelumnya.

"Kelelahan bisa memicu serangan jantung namun tidak bisa dikatakan kalau kelelahan penyebab meninggal mendadak," ucap dr Vito ketika dihubungi detikcom, Rabu (5/7/2023).

"Penyakit dasarnya biasanya sudah ada, misal penyakit jantung koroner atau penyempitan dalam pembuluh darah jantung," sambungnya.

Lebih lanjut, dr Vito menambahkan bahwa kondisi terlalu lelah yang dikombinasikan dengan kebiasaan hidup tidak sehat juga bisa berpotensi bahaya. Penyakit kronis yang jarang disadari seperti darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah jantung bisa lebih mungkin terjadi.

"Kelelahan menyebabkan tidak pernah check up untuk mengetahui kondisi badannya. Kelelahan menyebabkan seseorang tidak olahraga atau melampiaskan dengan makanan manis atau makanan tidak sehat. Kelelahan juga menyebabkan tidur tidak teratur sehingga darah tinggi dan stres," ucap dr Vito.

"Semua itu berkontribusi pada terjadinya penyakit kronis yang dapat berakibat fatal mendadak. Seperti serangan jantung, stroke, gangguan irama jantung, sampai pecahnya pembuluh darah dada ataupun otak," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Bicara Kematian Pengantin 5 Menit usai Ijab Kabul, Bukan Cuma Kelelahan"