Hagia Sophia

06 July 2023

Wanita Ini Didiagnosis dan Sembuh dari Kenker Paru di Hari yang Sama

Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Seorang wanita di Texas, Amerika Serikat, mengalami pengalaman aneh. Dia didiagnosis dan sembuh dari kanker paru-paru pada hari yang sama.

April Boudreau (61) terbangun dari anestesi lokal dan mendapati bahwa dirinya kena kanker paru tetapi sudah sembuh dan diangkat.

"Kamu harus mencubit dirimu sendiri karena kamu tidak percaya itu benar. Ini semua sangat sederhana, tanpa radiasi atau kemo," katanya kepada DailyMail.

Boudreau telah menjalani perawatan kanker tiga kali dalam hidupnya. Dia sempat menjalani perawatan kanker limfoma Hodgkin dua kali pada tahun 1984 dan 1985 kemudian kanker payudara pada tahun 2002.

Di awal 2023, dia menjalani CT scan tahunan ketika dokter mendeteksi ada nodul yang mengkhawatirkan di paru-paru kanannya.

Dia kemudian menjalani pemeriksaan di Texas Health Harris Methodist Hospital untuk tes lanjutan beberapa bulan lali. Selama biopsi paru-paru, dokter memastikan nodul itu sebenarnya adalah kanker paru-paru stadium awal.

Dokter bertindak dan memutuskan untuk segera mengangkat sel-sel kanker sementara Boudreau berada di bawah anestesi lokal. Tim medis menggunakan teknik bedah toraks invasif minimal yang menggunakan kateter ultra-tipis yang dipandu robot untuk menargetkan lesi di area paru-paru yang sulit dijangkau dilakukan untuk mengangkat nodul di organ pernapasannya.

Wanita berusia 61 tahun itu terbangun dan secara mengejutkan menemukan bahwa dia telah didiagnosis dan sembuh dari kankernya saat dia masih di bawah pengaruh obat bius. Dia mengatakan satu-satunya gejala yang dia alami adalah sedikit kehabisan napas, yang awalnya dia anggap sebagai penuaan.

Selama operasinya, dokter hanya membuat lima sayatan kecil di sisinya untuk mengangkat tumor, sehingga dia bisa pulang keesokan harinya.

"Saya meminum pil pereda nyeri selama tiga hari, dan hanya itu yang saya butuhkan. Dalam tiga hari kemudian, saya normal saja, berjalan-jalan. Saya tidak bisa mempercayainya, "katanya.

Dia sekarang diminta untuk meningkatkan frekuensi CT scan menjadi setiap enam bulan tetapi dengan bangga mengumumkan bahwa dia saat ini bebas kanker.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wanita Ini Didiagnosis Kanker Paru dan Dinyatakan 'Sembuh' di Hari yang Sama"