Hagia Sophia

21 August 2023

Kebiasaan Pagi Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Butuh perombakan gaya hidup yang konsisten dan berkelanjutan. Di samping menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang, ada kebiasaan lain yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dikutip WebMD, berikut 4 'ritual simpel' yang bisa bantu mencapai tubuh ideal tanpa bersusah payah.

1. Timbang Berat Badan di Pagi Hari
Menimbang berat badan di pagi hari setelah buang air kecil ternyata lebih akurat daripada di waktu lainnya. Tubuh memproses makanan dan minuman hari sebelumnya saat kita tidur, sehingga perut relatif kosong saat menimbang berat badan di pagi hari dan memberikan hasil yang lebih akurat.

Dengan rutin menimbang berat badan di pagi hari dan mencatatnya, aktivitas ini bisa bikin seseorang termotivasi sehingga tetap konsisten dengan kebiasaan makan sehat yang telah direncanakan.

2. Minum Air Putih
Tak bisa dipungkiri bahwa mengonsumsi air putih, terutama air hangat dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Saat dikonsumsi di pagi hari, air hangat dapat merangsang sistem pencernaan dan membuatnya tetap aktif. Dengan begitu, proses metabolisme akan semakin meningkat, yang mana amat berpengaruh dalam menurunkan berat badan.

3. Meditasi atau Latihan Pernapasan
Cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk meditasi atau latihan pernapasan di pagi hari. Hal ini karena meditasi dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang bisa memicu perilaku overeating atau emotional eating.

4. Berolahraga Ringan Sebelum Sarapan
Lakukanlah olahraga ringan sebelum sarapan. Sebab, berolahraga dengan perut kosong dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih baik dari olahraga, serta membakar lebih banyak lemak tubuh sebagai bahan bakar.

Tak hanya itu, studi juga membuktikan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah penambahan berat badan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Kebiasaan Pagi yang Bantu Turunkan Berat Badan, Bikin Tubuh Cepat Langsing"