Hagia Sophia

21 August 2023

Apakah Healing Saat Weekend Bisa Pulihkan Pernapasan Akibat Polusi Udara?

Foto: detikcom files

Warga Jakarta dan Tangerang Selatan kini banyak yang mengeluh 'engap' gegara wilayahnya dikepung polusi udara yang parah. Bahkan, tak sedikit warga yang mengeluh menjadi rentan batuk, bersin, dan pilek gegara sering terpapar polusi udara.

Salah satu yang paling rentan terdampak polusi udara adalah anak-anak. Mereka tak hanya berisiko mengalami masalah pernapasan. Paparan polutan di udara dalam jangka waktu panjang juga bisa memicu gangguan kesehatan lainnya, termasuk gangguan kognitif dan mental.

Hal itu dijelaskan oleh dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Darmawan Budi Setyanto, SpA(K). Di samping upaya proteksi kesehatan dari ancaman polutan di udara, 'healing' dengan berekreasi ke wilayah dengan kualitas udara yang baik bisa dicoba.

"Rekreasinya bisa macam-macam pilihannya. Bisa jalan-jalan kalau punya biayanya, jalan-jalan ke tempat-tempat yang masih alami. Bisa ke pantai di daerah Indonesia Timur, Labuan Bajo, Raja Ampat misalnya ya. Itu kan daerah masih minim polusinya sehingga kita bisa mendapat udara yang bersih di samping juga menyegarkan psikis kita, spiritual kita dalam suasana yang baru," ungkapnya dalam konferensi pers, Jumat (18/8/2023).

Bahaya Sering Terpapar Polusi Udara

Menurutnya, orang yang tidak memiliki masalah kesehatan berisiko mengalami masalah pernapasan baru jika sering terpapar polusi udara. Terlebih mereka yang sudah memiliki riwayat gangguan pernapasan, risiko muncul penyakit tentunya semakin besar.

"Pada pasien-pasien yang asma kalau tinggal di lingkungan yang polusinya tinggi, itu risiko untuk ISPA timbul gejala dan serangannya menjadi lebih besar," beber dr Darmawan.

"Kemudian juga penyakit-penyakit yang berlangsung menahun pada pasien-pasien yang penyakitnya sudah berlangsung lama, kronik, itu tentu kalau berhadapan dengan situasi polusi tentu juga akan lebih rentan mengalami gangguan," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tiap Hari Engap Kena Polusi, Healing saat Weekend Efektif Bikin Pulih Pernapasan?"