Hagia Sophia

21 August 2023

Ini Alasan Perawat Inggris yang Tega Bunuh 7 Bayi

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/praisaeng

Heboh seorang perawat di Inggris dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan tujuh bayi yang baru lahir. Wanita bernama Lucy Letby dihukum setelah membunuh lima bayi laki-laki dan dua bayi perempuan.

Setelah diselidiki, wanita berusia 33 tahun itu akhirnya mengungkap alasannya membunuh bayi-bayi tersebut. Ia mengatakan sangat terobsesi dengan seorang dokter yang sudah menikah dan bekerja di rumah sakitnya.

Dikutip dari Daily Star, Letby mengungkapkan dirinya sengaja membunuh bayi-bayi itu karena tahu bahwa dokter yang membuatnya tergila-gila itu akan segera membantu pasiennya.

Klaim yang mengejutkan itu muncul saat pesan Letby dengan seorang dokter yang tidak disebutkan identitasnya di Rumah Sakit Countess of Chester terungkap di pengadilan.

Di sisi lain, seorang teman sekaligus dokter yang bekerja dengan Letby memberikan pengakuan yang mengejutkan di pengadilan. Ia mengatakan bahwa Letby mengalami gangguan emosi dan mencoba melakukan percobaan bunuh diri di dermaga.

Kasus Pembunuhan yang Dilakukan

Menurut laporan Pengadilan Mahkota Manchester di Inggris Utara, Letby sengaja melukai bayi-bayi yang dirawatnya. Ia menyuntikkan udara ke dalam darah dan perut mereka.

Selain itu, Letby juga memberi susu secara berlebihan, menyerang bayi secara fisik, hingga meracuninya dengan insulin.

Jaksa penuntut mengatakan bahwa Letby juga sampai menipu rekan kerjanya. Itu dilakukan agar rekan kerjanya percaya bahwa penyebab kematian para bayi itu karena hal wajar.

"Lucy Letby berusaha menipu rekan-rekannya dan menganggap kerugian yang dia sebabkan tidak lebih dari memperburuk kerentanan setiap bayi yang ada," imbuh jaksa penuntut.

"Di tangannya, zat yang tidak berbahaya seperti udara, susu, cairan, atau obat seperti insulin, akan menjadi mematikan," lanjut lagi.

Sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019, Letby ditangkap dua kali oleh polisi sehubungan dengan penyelidikan. Kemudian ditangkap lagi pada November 2020.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alasan di Balik Perawat Inggris Tega Bunuh 7 Bayi, Ternyata gegara Obsesi"