Hagia Sophia

21 August 2023

Liga Inggris: West Ham United Tundukan Chelsea 3-1

West Ham United kalahkan Chelsea 3-1 (REUTERS/TONY OBRIEN)

Chelsea belum juga bisa meraih kemenangan di Liga Inggris 2023/2024. Unggul jumlah pemain, The Blues takluk 1-3 dari West Ham United.

Pada laga pekan kedua yang dihelat di London Olympic Stadium, Minggu (20/8/2023) malam WIB, West Ham unggul duluan lewat gol Nayef Aguerd sebelum disamakan Carney Chukwuemeka.

Dua gol dibuat West Ham di babak kedua dari Michail Antonio dan Lucas Paqueta. Padahal West Ham sudah kehilangan Aguerd yang dikartumerah.

Tambahan tiga poin membuat West Ham di posisi keenam klasemen Liga Inggris dengan empat poin, sementara Chelsea di posisi ke-14 dengan satu poin.

Jalannya pertandingan

West Ham mengambil inisiatif serangan sejak menit awal untuk menekan Chelsea. Pada menit keenam, West Ham punya kans untuk bikin gol lewat Bruce Bowen tapi bola sontekannya bisa diamankan Robert Sanchez.

Dari situ, lahirlah sepak pojok yang dieksekusi sempurna oleh James Ward-Prowse untuk disundul Nayef Aguerd ke gawang Robert Sanchez. West Ham memimpin 1-0.

Nayef Aguerd bawa West Ham memimpin 1-0 (Foto: Action Images via Reuters/MATTHEW CHILDS)

Setelah unggul, West Ham malah kehilangan kendali permainan dan membuat Chelsea dengan mudahnya menguasai bola, untuk membangun serangan. Chelsea hampir mendapat penalti saat Nicolas Jackson dijatuhkan Alphonse Areola pada menit ke-10.

Tapi, VAR menganulirnya karena Jackson sudah terjebak offside saat menerima umpan terobosan Enzo Fernandez. Chelsea terus menggempur pertahanan West Ham untuk mencari gol penyama kedudukan.

Akselerasi Raheem Sterling dari sayap membuat lini belakang West Ham kerepotan. Belum lagi mereka juga harus menghadapi gesitnya Jackson dan umpan-umpan terukur Enzo Fernandez.

Chelsea bisa menyamakan skor pada menit ke-28 lewat Carney Chukwuemeka. Kurt Zouma gagal membuang bola dengan baik saat Chelsea menyerang dan jatuh di kaki Chukwuemeka, yang langsung melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh gawang Areola.

Carney Chukwuemeka membuat skor 1-1 (Foto: REUTERS/TONY OBRIEN)

Chelsea mendapat penalti pada menit ke-42 saat Tomas Soucek harus melanggar Sterling yang menusuk ke area 16 meter. Sayang, Enzo tidak bisa menunaikan tugasnya dengan baik karena Areola bisa membacah arah tendangan.

Penalti Enzo Fernandez ditepis Alphonse Areola. (Foto: Action Images via Reuters/MATTHEW CHILDS)

Chelsea masih terus menggempur West Ham hingga masa injury time. Pada menit ketiga, Sterling lagi-lagi melakukan tusukan dari sisi kanan dan melepas umpan tarik yang disambut sepakan Chilwell, yang bisa diblok.

Skor 1-1 menutup babak pertama West Ham vs Chelsea.

Chelsea memasukkan Mykhailo Mudryk menggantikan Chukwuemeka yang cedera di pengujung babak pertama. Chelsea yang coba menekan West Ham malah kebobolan lagi pada menit ke-53.

Bola panjang dari pertahanan West Ham yang dilepaskan James Ward-Prowse menemui Michail Antonio yang berlari di belakang pertahanan Chelsea. Usai menaklukkan Axel Disasi, Antonio menembak ke pojok kiri bawah gawang Sanchez.

Sepakan Michail Antonio membuat West Ham memimpin 2-1 (Foto: REUTERS/TONY OBRIEN)

Chelsea kemudian menurunkan pemain termahal Liga Inggris Moises Caicedo pada menit ke-61. Caicedo langsung mendapat peluang tak lama setelah itu, tapi bola tendangannya melambung jauh.

West Ham bermain dengan 10 orang setelah Aguerd mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-67 karena menekel Jackson. Tapi, Chelsea tidak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain.

West Ham mampu bermain solid sehingga merepotkan Chelsea untuk menciptakan peluang. Yang ada West Ham malah hampir bikin gol dari sepakan Pablo Fornals pada menit ke-91 yang mengarah ke pojok, tapi bisa ditepis Sanchez.

Begitu juga dengan peluang Noni Madueke pada menit ke-93 yang membentur bek West Ham dan membuat Areola harus susah payah menepisnya.

West Ham memastikan kemenangan 3-1 di pengujung injury time saat Moises Caicedo melanggar Emerson Palmieri di kotak penalti. Eksekusi Lucas Paqueta dengan mudah mengecoh Sanchez.

Susunan pemain

West Ham United: Alphonse Areola; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Nayef Aguerd, Emerson; James Ward-Prowse (Edson Alvarez 81'), Tomas Soucek; Jarrod Bowen, Lucas Paqueta, Said Benrahma (Angelo Ogbonna 69'); Michail Antonio (Pablo Fornals 76').

Chelsea: Robert Sanchez; Axel Disasi, Thiago Silva, Levi Colwill; Malo Gusto, Enzo Fernandez, Conor Gallagher (Noni Madueke 75'), Ben Chilwell (Moisés Caicedo 61'); Raheem Sterling, Nicolas Jackson, Carney Chukwuemeka (Mykhailo Mudryk 45').


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "West Ham Vs Chelsea: 10 Pemain The Hammers Pukul The Blues 3-1"