Hagia Sophia

28 September 2023

Idap Penyakit Langka, Bayi Ini Lahir Berotot Bagai 'Baby Hulk'

Foto: Facebook Chelsey Milby

Seorang ibu asal Kentucky, Amerika Serikat bernama Chelsey Milby (33) membagikan kisahnya ketika melahirkan anaknya yang bernama Armani Milby melalui operasi caesar. Operasi darurat dilakukan setelah Armani didiagnosa mengidap bawaan langka yang menyebabkan lengannya bengkak.

Armani yang kini sudah berusia sembilan bulan pun mendapatkan julukan 'bayi hulk'. Karena penyakit bawaan tersebut, tubuh Armani nampak seperti memiliki otot besar. Kondisi medis yang dialami oleh Armani disebut limfangioma.

Limfangioma merupakan kondisi yang mengakibatkan pertumbuhan kista berisi cairan bersifat jinak pada pembuluh getah bening. Kondisi ini menyebabkan masalah pernapasan dan penglihatan. Kondisi langka ini terjadi pada satu dari 4 ribu kelahiran.

"Saat saya mengetahuinya, jujur saya sangat terpukul, saya patah hati. Saya tidak mengerti apa yang terjadi, apa yang salah, karena dua anak saya sebelumnya lahir dengan sehat," ucap Chelsey dikutip dari NY Post, Rabu (27/9/2023).

"Saya menangis setiap hari. Setiap hari saya bertanya kepada Tuhan mengapa ini bisa terjadi," sambungnya.

Chelsey bercerita bahwa sebelum bayinya lahir, dokter sudah sempat mengingatkan bahwa nyawa Armani mungkin tidak bisa diselamatkan. Pada minggu ke-17, dokter yang melakukan USG khawatir pada kondisi Armani yang mungkin akan mengalami penumpukan cairan berbahaya di jantungnya.

"Kami tidak pernah mempertimbangkan aborsi walaupun itu yang disebutkan pertama kali pada kami ketika diberitahu bahwa ada masalah besar pada bayi yang saya kandung," ujarnya.

Chelsey menuturkan bahwa dokter menyebut bahwa peluang Armani untuk bisa hidup sebesar nol persen.

Bak keajaiban, Armani akhirnya selamat setelah dilahirkan. Berat Armani ketika dilahirkan mencapai 12 pon (5,5 kilogram) atau hampir tiga kali lipat lebih berat dari bayi normal.

"Yang mengejutkan orang-orang, Armani keluar sambil menangis dan semua orang di ruangan operasi menjadi emosional. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Ini kisah yang sangat ajaib," cerita Chelsey.

Chelsey mengaku sempat mengalami serangan panik ketika melahirkan. Namun, semua itu sirna menjadi bahagia ketika ia melihat wajah Armani yang baru lahir.

Armani rencananya akan menjalani operasi di akhir tahun ini untuk mengangkat pembuluh limfatik ekstra agar ukuran tubuhnya bisa kembali normal. Ia juga membutuhkan lebih banyak operasi untuk menghilangkan kelebihan kulit nantinya.

"Dia memiliki banyak kulit ekstra. Semuanya akan hilang dan dia akan menjadi bayi yang nampak normal. Ia hanya akan mendapat bekas luka dari operasi," ucapnya.

"Armani terlihat selalu bahagia. Dia hampir tidak pernah menangis kecuali ketika dia ingin dipeluk. Kami berusaha melakukan segalanya untuk Armani dan memberinya kehidupan terbaik," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Bayi Lahir Berotot bak 'Baby Hulk', Ternyata Idap Penyakit Langka"