Hagia Sophia

28 September 2023

Mengenal Sepsis yang Membuat Calon Pengantin Tewas Usai Implan Payudara

Foto ilustrasi: iStock

Seorang calon pengantin wanita di Italia mengalami nasib nahas setelah menjalani operasi pembesaran payudara jelang pernikahannya. Ia meninggal dunia sehari sebelum pernikahannya dilaksanakan.

Alessia Neboso (21) berniat melakukan implan payudara karena insecure dadanya kecil. Dia tetap nekat menjalani implan payudara meski tak ada keluarga yang mendukung aksinya.

Alessia menjalani operasi pada tanggal 11 September dan masih dalam kondisi baik sampai 18 September. Saat itu kondisinya mendadak memburuk dan kritis. Setelah diperiksa, dia mengalami sepsis.

"Kami melakukan semua kemungkinan tes padanya. Kami ingin memahami di mana sepsis itu terlokalisasi. Kami melakukan USG dan CT scan pada perut, CT scan lagi pada dada, dan dari situ kami memahami bahwa masalahnya berasal dari paru-paru," ujar dr Feliciano Ciccarelli salah satu dokter yang menanganinya.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, sepsis adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi yang jarang terjadi namun membahayakan nyawa. Sepsis merupakan kondisi serius karena dapat menyebabkan kegagalan organ vital tubuh seperti paru-paru dan ginjal.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh mendeteksi adanya infeksi dan merespons dengan peradangan. Peradangan tersebut kemudian menyebabkan pembekuan darah yang menghambat aliran darah di arteri sehingga organ vital dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang diperlukan.

Pada kasus yang parah, sepsis dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang drastis. Keadaan ini disebut sebagai syok septik, yang bisa berakibat fatal, termasuk kematian.

Sepsis terjadi sebagai respons serius tubuh terhadap infeksi. Beberapa infeksi yang sering menyebabkan sepsis meliputi pneumonia (infeksi paru-paru), infeksi saluran kemih, infeksi kulit, dan infeksi saluran pencernaan.

Pada dasarnya, sepsis dapat menyerang siapa saja. Namun, beberapa orang memiliki risiko yang lebih tinggi salah satunya pasien gangguan sistem kekebalan tubuh.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Sepsis, Kondisi yang Bikin Calon Pengantin Tewas usai Implan Payudara"