Hagia Sophia

28 September 2023

Heboh Tentang Susuk di Tubuh Pasien yang Terlihat di X-Ray

Ilustrasi x-ray (Foto: Thinkstock)

Dr Razif yang merupakan dokter di Malaysia membagikan ceritanya saat menangani pasien yang memakai susuk. Pasiennya adalah wanita berusia 60-an tahun yang disebut sebagai ibu A.

Ibu A datang ke rumah sakit yang diduga mengalami stroke. Dr Razif mengatakan pasiennya itu badannya lumpuh sebelah, tidak bisa berbicara, tapi masih sadar dan merespons saat dipanggil.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan seperti tes darah hingga x-ray, Dr Razif menemukan sejumlah jarum susuk di bagian mata hingga payudara ibu A.

"Dari hasil pemeriksaan, saya terkejut karena melihat dengan jelas jarum susuk di CT scan dan x-ray bagian dada pasien," beber dr Razif yang dikutip dari Mstar.

"Jelas juga terlihat ada jarum di bagian mata, muka, leher, dan payudara," sambungnya.

Seperti Apa Susuk dari Pandangan Medis?

Dalam medis, fenomena susuk disebut sebagai corpus alienum. Dokter spesialis radiologi dr Prijo Sidipratomo, SpRad(K), menjelaskan itu adalah kondisi ditemukannya benda asing seperti jarum.

Susuk atau charm needle ini biasanya adalah pin logam yang biasanya terbuat dari perak, emas atau paduannya, berukuran panjang sekitar 5-10mm dan diameter 0,5mm. Susuk diklaim membuat pemakainya semakin cantik, awet muda, meningkatkan kesehatan, menghilangkan rasa sakit.

"Sependek pengetahuan saya sebagai dokter radiologi, kadang kita menemukan gambaran corpus alienum seperti jarum kecil di foto kepala atau sinus yang lokasinya di daerah dagu, bibir atau pipi," jelas dr Prijo saat dihubungi detikcom, Rabu (27/9/2023).

"Kalau di foto thorax ada di sekitar dada daerah payudara. Jika pada foto pelvis, terletak di daerah dekat tulang kemaluan," lanjutnya.

dr Prijo mengatakan umumnya pasien tidak merasakan ada yang salah dengan tubuhnya, meski ada benda asing yang terlihat dari pemeriksaan. Umumnya pasien tidak merasa apa-apa meski ditemukan benda asing di tubuhnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Dokter Temukan Susuk di Tubuh Pasien, Kasat Mata Tapi Terlihat di X-Ray"