Hagia Sophia

28 September 2023

UEFA Ijinkan Rusia Berlaga di Sepakbola Internasional

Foto: AP/David Cliff

UEFA kembali mengizinkan Rusia berlaga di ajang sepakbola internasional. Kesempatan itu diberikan kepada para pemain mudanya.

Melansir Guardian, UEFA akan mengizinkan pemain U-17 Rusia, baik putra dan putri, untuk kembali berlaga. Alasannya adalah 'anak-anak tak boleh dihukum' dan sepakbola tak boleh 'berhenti menebar perdamaian serta harapan'.

Komite eksekutif UEFA telah meminta administrasi UEFA untuk mengusulkan teknis untuk bisa kembali berpartisipasi. Meski begitu, ada syarat yang ditetapkan badan sepakbola Eropa itu.

Di antaranya mereka harus bermain tanpa bendera, lagu kebangsaan, atau seragam Timnas Rusia. Lokasi pertandingannya juga tak boleh digelar di negaranya sendiri.

UEFA menegaskan, keputusannya bukan menjadi 'cikal bakal' untuk mengizinkan Rusia kembali sepenuhnya ke kompetisi internasional. Timnas senior Rusia dan klub-klub asal Rusia masih dilarang berlaga sampai konflik antara Rusia dan Ukraina berakhir.

"UEFA adalah badan olahraga pertama yang bereaksi terhadap perang di Ukraina, dan mengambil tindakan tegas pada Februari 2022, yakni menangguhkan semua tim Rusia dari kompetisinya, menghapus acara yang dijadwalkan di Rusia seperti final Liga Champions UEFA di Saint Petersburg dan pertandingan Piala Super UEFA di Kazan, serta membatalkan kontrak sponsorship dengan Gazprom," tulis pernyataan UEFA.

"Namun, UEFA juga menyadari anak-anak tidak boleh dihukum atas tindakan yang tanggung jawabnya sepenuhnya berada di tangan orang dewasa, dan sangat yakin bahwa sepakbola tidak boleh berhenti mengirimkan pesan perdamaian dan harapan."

"Sangat menyedihkan bahwa, karena konflik yang berkepanjangan, generasi anak di bawah umur kehilangan haknya untuk berkompetisi di sepakbola internasional. Karena alasan ini, Komite Eksekutif UEFA memutuskan tim-tim Rusia yang terdiri dari pemain-pemain kecil akan diizinkan kembali ke kompetisinya pada musim ini. Dalam hal ini, komite eksekutif telah meminta administrasi UEFA untuk mengusulkan solusi teknis yang memungkinkan pemulihan kembali tim U17 Rusia (baik putri maupun putra) bahkan ketika pengundian telah dilakukan."

"Semua pertandingan tim Rusia akan dimainkan tanpa bendera negara, lagu kebangsaan, perlengkapan bermain nasional dan tidak dilakukan di wilayah Rusia. Pada saat yang sama, Komite Eksekutif menegaskan kembali kecaman mereka terhadap perang ilegal Rusia dan menegaskan bahwa skorsing semua tim Rusia lainnya (klub dan tim nasional) akan tetap berlaku hingga konflik di Ukraina berakhir," tutup pernyataan UEFA.

UEFA menjatuhkan sanksi kepada Rusia sejak Februari 2022. Timnas dan klub-klubnya dilarang berlaga di bawah naungan UEFA, sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Hukuman itu diberikan usai Rusia menyerang Ukraina, dalam perang yang sudah berjalan lebih dari 1,5 tahun terakhir. Selain UEFA, FIFA juga melarang Rusia berlaga di Piala Dunia 2022 tahun lalu.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "UEFA Izinkan Rusia Kembali Berlaga di Ajang Internasional"