Hagia Sophia

28 September 2023

Amankah Konsumsi Kotoran Udang yang Terlihat di Punggungnya? Ini Kata Pakar

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Calvin Chan Wai Meng)

Belum lama ini heboh di media sosial seorang pengulas makanan menemukan kotoran udang di menu yang ia pesan di sebuah rumah makan. Video tersebut akhirnya viral dan menjadi perbincangan banyak orang, lantaran pada umumnya kotoran udang atau bagian hitam di punggung udang akan dibersihkan sebelum diolah.

Kini muncul pertanyaan di tengah masyarakat, apakah mengonsumsi udang yang masih ada kotorannya itu aman?

Garis hitam yang berada di bagian punggung udang memiliki beberapa sebutan. Misalnya seperti vena udang, garis hitam udang hingga umumnya di Indonesia disebut sebagai kotoran udang.

"Struktur tersebut mendukung proses pencernaan krustasea. Jadi ya benar bahwa sesuatu yang hitam di punggung udang itu memang kotoran," ucap ahli makanan laut University of Georgia Tori Stivers, MS dikutip dari Self, Rabu (27/9/2023).

Ilmuwan senior Johns Hopkins Center Dr Dave Love, PhD mengatakan bahwa udang mengonsumsi makanan-makanan seperti plankton, cacing, hewan mikroskopis, dan berbagai jenis sampah organik dalam laut. Garis hitam yang ada di punggung udang tersebut merupakan keseluruhan kombinasi tersebut yang masuk dalam sistem pencernaan.

Walaupun mungkin terdengar menjijikan, secara umum garis hitam pada punggung udang tersebut tidak menimbulkan risiko kesehatan asalkan udang diolah dengan cara yang benar.

"Mengonsumsi saluran pencernaan udang tidak akan membuat Anda sakit, asalkan Anda memasaknya dengan matang," ucap Dr Love.

"Artinya mengukus, memanggang, menggoreng, atau apapun yang Anda inginkan hingga mencapai suhu internal 63 derajat celcius. Suhu internal ini akan membuat udang matang sempurna dan daging jadi mengeras," sambungnya.

Secara umum, mengonsumsi udang dalam kondisi mentah atau setengah matang dapat meningkatkan risiko keracunan makanan. Seperti daging, udang mentah juga mengandung bakteri E Coli yang dapat memberikan efek buruk pada pencernaan. Oleh karena itu, memasak udang sampai matang sangat dianjurkan.

Dr Love mengatakan bahwa membersihkan garis hitam di punggung udang sebenarnya adalah pilihan. Namun, ia mengingatkan bahwa kotoran udang tersebut terkadang mengandung pasir dan membuat rasa udang menjadi kurang enak. Oleh karena itu, Dr Love tetap menyarankan untuk membersihkan kotoran udang tersebut untuk mendapatkan rasa daging udang yang lebih halus.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Kotoran di Punggung Udang Aman Dimakan? Ini Kata Pakar"