Hagia Sophia

11 November 2023

Tips Hilangkan Lemak di Perut yang Efektif dan Aman

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Bukan hanya mengganggu penampilan, tumpukan lemak di perut juga bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Tak heran, banyak orang menjajal cara ini-itu untuk mengecilkan lingkar perutnya.

Tidak bisa dalam sekejap, menghilangkan lemak perut memang membutuhkan usaha serta komitmen yang kuat. Meskipun sulit, dikutip dari Healthline, berikut beberapa tips yang terbukti secara ilmiah efektif ampuh menghilangkan lemak perut:

1. Banyak konsumsi makanan tinggi serat larut
Selain menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang, serat larut juga membantu mengurangi lemak perut. Salah satu studi observasional yang melibatkan lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan bahwa setiap 10 gram peningkatan asupan serat larut menurunkan lemak perut sebesar 3,7 persen selama lima tahun.

Serat larut yang sangat baik bisa ditemukan pada buah-buahan, sayuran, legum, dan oats.

2. Menghindari konsumsi alkohol
Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak minum alkohol meningkatkan lemak di area perut. Sehingga jika ingin mengurangi ukuran pinggang sebaiknya hindari konsumsi minuman beralkohol.

3. Konsumsi makanan tinggi protein
Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon yang menurunkan nafsu makan serta meningkatkan rasa kenyang. Menurut sejumlah penelitian observasional, orang yang lebih banyak makan tinggi protein cenderung memiliki sedikit lemak perut.

Ketika mencoba mengurangi lemak perut, pastikan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan protein seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

4. Kurangi makanan manis
Bukan hanya menyebabkan penyakit gula beserta risiko komplikasinya, konsumsi gula secara berlebih dapat meningkatkan lemak di area perut. Bahkan konsumsi gula alami seperti madu asli pun harus digunakan secukupnya.

5. Olahraga aerobik
Aerobik menjadi salah satu cara yang efektif mengurangi lemak perut. Meski begitu, sangat penting untuk mempertimbangkan frekuensi dan durasi latihan aerobik.

6. Kurangi karbohidrat olahan
Mengurangi asupan karbohidrat sangat bermanfaat untuk menghilang lemak perut. Tidak harus dengan diet rendah karbohidrat yang ketat, langkah ini juga bisa dilakukan dengan memperbanyak asupan sumber karbohidrat yang sehat seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

7. Tidur nyenyak
Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidur sangat penting untuk berbagai aspek kesehatan, termasuk menjaha berat badan ideal. Menurut salah satu studi, kurang tidur dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi dan peningkatan lemak perut.

Selain tidur minimal tujuh jam setiap malam, pastikan juga kualitas tidur terjaga.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Hilangkan Lemak Perut Paling Efektif, Terbukti Secara Medis!"