Hagia Sophia

11 February 2024

Selain Nikmat, Ini Manfaat Lainnya Konsumsi Kopi di Pagi Hari

Ilustrasi kopi. (Foto: iStock)

Bagi sebagian orang, kopi kerap menjadi minuman yang perlu dikonsumsi untuk mengawali hari. Sebab, menenggak kopi dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai rutinitas.

Namun, manfaat minum kopi tak hanya sebatas itu saja. Faktanya, kopi hitam memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bahkan, kopi juga disebut dapat menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Lantas, apa saja sih manfaat kopi untuk kesehatan tubuh? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Berpotensi menurunkan risiko diabetes tipe 2
Sejumlah studi menemukan mengonsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Ini dikarenakan kopi dapat membantu menjaga fungsi sel beta di pankreas, yakni organ yang memproduksi hormon insulin untuk mengatur gula darah.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada kopi juga dapat membuat sel-sel tubuh dapat merespons insulin dengan lebih baik. Alhasil, proses pemecahan gula darah dalam tubuh bisa berlangsung dengan optimal.

2. Menurunkan berat badan
Kopi juga disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kandungan kafein yang ada pada kopi diyakini bisa meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan.

Sebuah studi juga menemukan orang yang rutin mengonsumsi kopi lebih aktif secara fisik dibanding mereka yang tidak mengonsumsi. Frekuensi aktivitas fisik yang lebih tinggi inilah yang kemudian berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

3. Mengurangi risiko depresi
Manfaat kopi juga kerap diasosiasikan dengan menurunkan stres dan depresi. Kopi diyakini dapat meningkatkan hormon serotonin dan dopamine pada otak, sehingga mengurangi perasaan depresi seperti melankoli, kehilangan, murung, dan kesepian.

Sebuah penelitian juga menyebutkan setiap cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari masing-masing dapat menurunkan risiko depresi hingga 8 persen.

4. Menjaga kesehatan otak
Seiring pertambahan usia, otak akan mengalami penurunan fungsi dan semakin berisiko mengalami gangguan, seperti alzheimer dan penyakit parkinson. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan kopi dapat menurunkan risiko tersebut.

Sebuah studi analisa terhadap 13 penelitian yang berbeda menemukan, orang yang ruting mengonsumsi kafein memiliki risiko yang jauh lebih rendah mengalami penyakit parkinson. Tak hanya itu, mengonsumsi kafein juga dapat memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

Sejumlah studi juga menyebutkan kebiasaan mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko demensia dan penurunan fungsi kognitif.

5. Mendukung kesehatan liver
Kopi juga disebut-sebut dapat melindungi liver atau hati dari risiko penyakit tertentu. Sebuah studi menemukan orang yang mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah mengalami luka di liver (fibrosis hati) dan kanker liver.

Penelitian lain juga menyebut mengonsumsi satu cangkir kopi dapat menurunkan risiko penyakit liver kronis hingga 15 persen. Sementara itu, mengonsumsi empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko penyakit tersebut hingga 71 persen.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Cuma Nikmat, Seruput Kopi di Pagi Hari Juga Punya Manfaat Bagi Kesehatan"