Hagia Sophia

11 February 2024

Kebiasaan Makan Malam Ini Bisa Membuat Perut Buncit

Ilustrasi kebiasaan makan malam. (Foto: Ilustrasi iStock)

Menurunkan berat badan dan menghilangkan perut buncit tidak selalu mudah. Terkadang, berat badan tidak beranjak turun meski sudah melakukan diet yang sangat ketat.

Kegagalan diet semacam ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Termasuk, kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan saat makan malam.

Makan berlebihan di saat tubuh tidak begitu aktif, seperti malam hari, dapat memicu kelebihan berat badan. Apalagi jika aktivitas makan malam disertai sejumlah kebiasaan yang bisa mengganggu waktu makan.

Apa saja sih kebiasaan makan malam yang bisa membuat perut buncit? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Makan sambil nonton TV
Beberapa orang menghabiskan waktu makan malam sambil menonton televisi. Ternyata, kebiasaan ini dapat memicu peningkatan berat badan. Kenapa?

Dikutip dari The Health Site, menonton televisi dapat membuat orang berlama-lama menghabiskan makan malamnya. Terlalu lama duduk dapat memperlambat sistem metabolisme dan mengurangi kemampuan tubuh dalam membakar kalori. Hal inilah yang akhirnya memicu penumpukan lemak di sekitar pinggang.

2. Makan sembari bermain smartphone
Makan sambil bermain smartphone sudah menjadi hal yang lazim bagi banyak orang. Ternyata, ini juga termasuk kebiasaan buruk yang dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Sebuah penelitian menganalisa dampak penggunaan smartphone saat makan terhadap peningkatan berat badan. Hasilnya, pria dan wanita mengonsumsi kalori 15 persen lebih banyak ketika sambil bermain smartphone. Tak hanya itu, mereka juga cenderung mengonsumsi makanan berlemak ketika makan sambil ditemani smartphone.

Marcio Gilberto Zangeronimoa, peneliti yang memimpin studi tersebut, mengungkapkan smartphone dan tablet dapat mengganggu otak dalam memproses makanan yang dikonsumsi.

"Tablet dan smartphone menjadi pengalih perhatian saat makan, bahkan sejak usia yang sangat muda. Pengalih perhatian ini mencegah otak memahami jumlah makanan yang dicerna," ujarnya, dikutip dari Daily Mail.

3. Makan terlalu larut
Makan malam lewat dari jadwal yang seharusnya, atau makan mendekati jam tidur, juga dapat menjadi penyebab perut buncit. Salah satu alasannya adalah karena tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, makan terlalu larut juga bisa mengganggu kualitas tidur. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan energi saat bangun keesokan hari.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Kebiasaan Makan Malam yang Bikin Perut Buncit"