Hagia Sophia

13 April 2023

Ini Efek Diabetes-Jantung Seperti yang Diidap Ayah Mario Lawalata Sebelum Meninggal

Ayah artis Mario Lawalata dan oscar Lawalata, Alex Polii meninggal dunia. Sebelum meninggal, ia dikabarkan mengidap sakit komplikasi. (Foto: dok. Instagram Mario Lawalata)

Ayah artis Mario Lawalata dan Oscar Lawalata, Alex Polii meninggal dunia pada Senin (10/3) di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat. Saat ini jenazahnya tengah berada di Rumah Duka Sentosa, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan istrinya, Indah, sang suami meninggal dunia akibat sakit komplikasi yang diidpanya, mulai sakit jantung hingga gula.

"Kebetulan bapak punya penyakit sudah lama, kira-kira ada 7 tahun. Sakit jantung, gula, empedunya juga sudah nggak ada, dia juga sudah pernah dipasang ring," kata Indah saat ditemui di Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat, Selasa, (11/4/2023).

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC AS), diabetes dan penyakit jantung kerap kali 'berjalan beriringan'. Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat serius, menjadi penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di Amerika Serikat.

Seseorang yang mengidap diabetes umumnya dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung hingga stroke daripada mereka yang tak mengidap diabetes. Semakin lama seseorang mengidap diabetes, semakin besar seseorang mengidap penyakit jantung.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung mencakup beberapa jenis masalah yang memengaruhi organ jantung. Jenis yang paling umum adalah penyakit arteri koroner, yang mempengaruhi aliran darah ke jantung. Selain itu, jenis penyakit jantung lainnya seperti angina atau rasa sakit yang muncul di dada, serangan jantung, gagal jantung, aritmia atau irama jantung abnormal, hingga kondisi jantung bawaan.

Adapun gejalanya tergantung dari jenis penyakit jantung yang diidap. Namun, terdapat beberapa gejala umum yang mungkin perlu diwaspadai, seperti:
  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Pingsan
Penyakit Gula (Diabetes)

Menurut Indah, Alex Polii juga memiliki penyakit gula alias diabetes. Penyakit kronis ini dapat membawa dampak buruk bagi tubuh lantaran memengaruhi produksi makanan yang telah dikonsumsi menjadi energi.

Sebagian besar makanan yang diserap oleh tubuh akan diserap menjadi gula (glukosa) dan melepaskannya ke aliran darah. Ketika gula darah naik, itu pertanda bagi pankreas untuk melepaskan insulin. Insulin berguna sebagai pengiring gula darah masuk ke sel-sel tubuh manusia dan nantinya diproses sebagai energi.

Namun, dengan adanya diabetes, tubuh tidak dapat membuat cukup insulin atau tidak dapat bisa menggunakan sebagaimana mestinya. Insulin yang kurang berakibat terlalu banyak gula di aliran darah. Seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Sebenarnya belum ada obat yang pasti untuk menyembuhkan diabetes, tetapi dengan menjaga berat badan dan mengonsumsi pola makan yang seimbang akan membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya ini.

Terdapat tiga jenis utama penyakit diabetes, yaitu tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional (dialami saat hamil). Akan tetapi, Indah tak mengungkap jenis diabetes apa yang diidap suaminya sebelum meninggal.

Adapun sejumlah gejala diabetes yang tergolong umum dialami oleh pengidap, yaitu:
  • Meningkatnya volume buang air kecil, sering terjadi di malam hari
  • Merasa sangat haus
  • Berat badan turun drastis
  • Merasa sangat lapar
  • Memiliki penglihatan kabur
  • Mengalami kesemutan atau mati rasa pada bagian tangan dan kaki
  • Lelah yang ekstrim
  • Kulit menjadi sangat kering
  • Memiliki luka yang sembuhnya sangat lama





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diidap Ayah Mario Lawalata Sebelum Meninggal, Begini Efek Komplikasi Diabetes-Jantung"