Hagia Sophia

13 April 2023

Liga Champions: AC Milan Kalahkan Napoli 1-0

Selebrasi gol dari Ismael Bennacer. (Foto: AC Milan via Getty Images/Claudio Villa)

AC Milan berhadapan dengan Napoli di leg pertama perempatfinal Liga Champions. Rossoneri menuntaskannya dengan kemenangan 1-0.

AC Milan vs Napoli tersaji di San Siro, Kamis (13/4/2023) dini hari WIB. Tuan rumah meraih kemenangan lewat gol tunggal Isamel Bennacer.

Napoli sebetulnya lebih dominan dalam laga ini. Partenopei punya 53 persen penguasaan bola dengan 16 percobaan dan enam yang mengarah ke gawang.

Milan tercatat memiliki 47 penguasaan bola. Jumlah percobaan tuan rumah ada 12 dengan dua yang mengarah ke gawang dan satu mengenai mistar.

Jalannya Pertandingan

Napoli langsung mendapatkan peluang emas di menit pertama. Milan membuat kesalahan komunikasi di mulut gawang, Khvicha Kvaratskhelia gagal memanfaatkan setelah bola tembakannya mampu diblok bek lawan.

Semenit berselang Napoli mengancam Milan lagi. Kali ini bola tembakan Andre-Frank Zambo Anguissa mampu ditepis Mike Maignan.

Milan berupaya membalas untuk menekan. Namun, usaha anak asuh Stefano Pioli belum bisa menghasilkan tembakan.

Piotr Zielinski melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-11. Maignan masih bisa terbang untuk menepis bola.

Rafael Leao gagal memanfaatkan peluang emas dari serangan balik cepat di menit ke-25. Striker Milan itu melakukan solo-run dari tengah lapangan dan saat berada di kotak penalti Napoli gagal mengarahkan bola tembakannya ke gawang.

Sampai laga berjalan setengah jam belum ada gol tercipta. Duel sengit justru mulai banyak terjadi di lini tengah.

Milan berhasil memimpin 1-0 lebih dulu di menit ke-40. Sebuah skema serangan balik yang dibangun Brahim Diaz berhasil dituntaskan menjadi gol oleh Ismael Bennacer.

Milan nyaris memperbesar keunggulan di injury time. Simon Kjaer berhasil menyambut bola dari sepak pojok lewat sundulan, tapi masih mengenai mistar gawang dan skor tak berubah sampai turun minum.

Baca juga:
Indah Betul jika AC Milan Tembus Semifinal Liga Champions
Napoli nyaris menyamakan skor saat babak kedua baru berjalan lima menit. Sebuah sundulan dari Eljif Elmas masih bisa ditepis keluar lapangan oleh Maignan.

Partenopei masih belum bisa membobol gawang Milan sampai laga berjalan satu jam. Anak asuh Luciano Spalletti sejauh ini malah kesulitan masuk ke kotak penalti lawan di babak kedua.

Napoli mengalami kerugian di menit ke-74. Anguissa diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Theo Hernandez. Kartu kuning pertamanya didapat empat menit sebelumnya dengan melanggar pemain yang sama.

Milan benar-benar mampu bikin Napoli tak menggigit di babak kedua. Sampai laga tuntas pun tak ada gol tercipta, yang membuat Milan menutupnya dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain

AC Milan: Maignan; Calabria, Kaer, Tomori, Hernandez; Tonali, Krunic, Bennacer (Saelemaekers 67'); Leao, Brahim (Rebic 80'), Giroud.

Napoli: Meret; Di Lorenzo, Rrahmani, Kim, Mario Rui (Olivera 82'); Lobotka, Anguissa, Zielinski (Politano 83'); Lozano (Raspadori 69'), Elmas, Kvaratskhelia (Ndombele 82').





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "AC Milan Vs Napoli: Ismael Bennacer Menangkan Rossoneri"