Hagia Sophia

21 June 2023

Viral Tafsir Mimpi SBY Ketemu Jokowi dan Mega, Ini Penjelasan Medisnya

Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden RI Joko Widodo (Foto: Agung Pambudhy)

Cuitan Twitter Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belakangan viral. Ia mengaku bermimpi bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya bermimpi, di suatu hari Pak Jokowi datang ke rumah saya di Cikeas untuk kemudian bersama-sama menjemput Ibu Megawati di kediamannya. Selanjutnya kami bertiga menuju Stasiun Gambir," kata SBY.

SBY mengungkap ia, Jokowi, dan Megawati sedang menunggu Presiden Indonesia Ke-8 di stasiun tersebut. Menurut SBY, Presiden yang dipilih di 2024 itu kemudian membelikan karcis kereta api ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tak sedikit pengamat hingga ahli menafsirkan arti mimpi SBY tersebut sebagai gambaran Pemilu 2024. Lantas, benarkah mimpi memiliki arti yang bisa ditafsirkan?

Menurut spesialis tidur dari RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja, mimpi memang memiliki arti, namun sifatnya sangat personal. Mimpi yang sama pada masing-masing bisa berbeda tafsir.

"Mimpi itu sifatnya personal," ucapnya dr Ade, sapaan akrabnya, saat dihubungi detikcom, Selasa (20/6/2023).

Ia mengungkapkan, mimpi terbentuk dari sinyal otak yang awalnya berasal dari batang otak. Kemudian menyebar ke permukaan otak secara random. Ia juga mengatakan bahwa mimpi erat kaitannya dengan memori jangka pendek dan panjang.

Kejadian yang muncul di dalam mimpi biasanya adalah kejadian acak dari memori yang sudah ada di otak. Jika gambaran mimpi tersebut sangat berkesan, seseorang akan langsung mengingatnya ketika bangun. Sebaliknya, jika tidak memberi kesan mendalam, isi mimpi akan terlupakan begitu saja.

"Sehingga mimpi sering kali absurd. Misalnya laptop kita makan seperti kerupuk, itu kan absurd," ucapnya lagi.

Selain memori, mimpi juga bisa berkaitan dengan emosi yang terpendam di dalam diri seseorang. Karenanya, ia menyebut kemungkinan mimpi SBY berasal dari angan-angan atau muatan emosi yang terpendam di dalam dirinya.

"Hanya beliau yang tahu," ucapnya lagi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Marak Tafsir Mimpi SBY Ketemu Jokowi-Megawati, Penjelasan Medisnya Begini"