Hagia Sophia

21 June 2023

Jarang Diketahui, Mimpi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

Ilustrasi tidur (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kate Aedon)

Manfaat mimpi bagi tubuh pasti tak banyak diketahui. Bahkan manusia selalu bermimpi setiap malam juga banyak yang ragu ketika mendengarnya. Padahal, manusia memang selalu mengalami mimpi empat sampai enam kali dalam satu hari atau satu malam, meski saat bangun beberapa di antaranya tak mengingatnya.

Adapun mimpi yang dialami oleh manusia selalu berkaitan dengan jangka pendek dan panjang ingatan dalam otak manusia. Juga, berkaitan dengan emosi yang terpendam di dalam diri seseorang. Meski sering dianggap sebagai bunga tidur belaka, ternyata mimpi di dalam tidur memiliki perannya tersendiri.

"Mimpi itu adalah jadi pada tahap tidur mimpi adalah tahap tidur di mana kemampuan otak kita itu dibangun," ucap spesialis tidur dari RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja, atau akrab disapa dr Ade, saat dihubungi detikcom, Selasa (20/6/2023).

Menurut dr Ade, secara umum, mimpi memiliki banyak fungsi seperti untuk kreativitas, kecerdasan, hingga ketelitian. Bahkan juga bermanfaat untuk stabilitas emosi.

Hal ini dikarenakan emosi-emosi yang terpendam di dalam diri seseorang atau tidak bisa keluar, nantinya dikeluarkan saat orang sedang terjaga. Karenanya, tahap tidur mimpi berguna untuk menjaga otak agar tetap waras.

"Satu memang buat otak ya. Jadi begitu tidur mimpi turun atau berkurang, ya otaknya jadi menurun fungsi-fungsi otaknya," sambungnya lagi.

Selain untuk otak, bermimpi juga bermanfaat untuk menjaga kemampuan ereksi. Menurut dr Ade, seseorang pria yang mengalami gangguan tidur atau memotong tahap tidur Rapid Eye Movement (REM) atau mimpi, dapat memicu gangguan ereksi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Sekadar Bunga Tidur, Sering Mimpi Bisa Menyehatkan Otak Lho!"