Hagia Sophia

17 July 2023

Butuh Waktu Berjam-jam, Ini Pengakuan Dokter yang 'Pasang' Kembali Kepala Bocah 12 Tahun

Ilustrasi anak dirawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/kckate16)

Dokter di Israel menyelamatkan nyawa seorang bocah Palestina berusia 12 tahun setelah ditabrak mobil saat mengendarai sepeda.

Dokter disebutkan mampu 'memasang' kembali kepala bocah tersebut setelah dasar tengkorak dengan ruas tulang belakang bagian atas pasien terputus. Momen dokter memasang kembali kepala bocah yang terputus terjadi dalam sebuah operasi di Hadassah Medical Center, Israel.

Dikutip dari Times of Israel, bocah 12 tahun bernama Suleiman Hassan, warga Palestina di Tepi Barat, awalnya dilarikan ke Hadassah medical Center setelah kepala dan lehernya dilaporkan dalam kondisi serius.

Hal tersebut terjadi setelah ia ditabrak mobil ketika menaiki sepeda yang menyebabkan tengkoraknya terlepas dari tulang belakang bagian atas.

Dokter menyebut, kondisi yang dialami Suleiman sebagai bilateral atlanto occipital joint dislocation atau disebut internal atau orthopedic decapitation, yaitu cedera langka terjadi ketika benturan mendadak menyebabkan ligamen dan otot yang menyangga kepala dan menghubungkannya dengan tulang belakang, rusak.

Kondisi tersebut sangat jarang terjadi pada orang dewasa dan terlebih lagi pada anak-anak.

"Kami berjuang untuk menyelamatkan nyawa anak ini," kata Ohad Einav, dokter spesialis ortopedi yang terlibat dalam operasi Suleiman.

dr Einav mengoperasi Suleiman bersama dokter bernama Ziv Asa dibantu tim operasi dan tim perawatan intensif. Menurutnya, prosedur operasi 'penyambungan' kepala Suleiman sangat sulit dan memakan waktu selama berjam-jam.

Tak hanya itu, dokter juga harus menggunakan pelat dan fiksasi baru di area yang rusak. Adapun, fiksasi digunakan untuk menjaga kepala dan leher pasien agar stabil.

"Kemampuan kami untuk menyelamatkan anak itu berkat pengetahuan kami dan teknologi paling inovatif di ruang operasi," kata Einav.

Kepada media setempat, Einav juga membeberkan bahwa ia terlibat dalam operasi karena dirinya adalah salah satu dari sedikit ahli bedah di Israel yang memiliki spesialisasi operasi trauma cedera tulang belakang.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Dokter 'Pasang' Kembali Kepala Bocah 12 Tahun: Butuh Waktu Berjam-jam"