Hagia Sophia

17 July 2023

Kondisi Saat Ini 4 Bocah yang Ditemukan Setelah Bertahan 40 Hari di Hutan Amazon

Kabar terbaru empat bocah yang terdampar 40 hari di hutan amazon (Foto: Colombian Air Force/Handout via REUTERS)

Empat anak Kolombia yang selamat dari kecelakaan pesawat jatuh dan bertahan hidup di hutan Amazon, kini kabarnya telah pulih dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit setelah dirawat 34 hari.

Adapun keempat anak itu bernama Lesly Jacobombaire Mucutuy (13), Soleiny Jacobombaire Mucutuy (9), Tien Ranoque Mucutuy (4), dan bayi Cristin Ranoque Mucutuy (1). Mereka selamat dari kecelakaan pesawat pada 1 Mei 2023, yang menewaskan tiga orang, termasuk ibu mereka.

Mereka terdampar di hutan amazon selama 40 hari lamanya sebelum akhirnya ditemukan anjing pelacak militer.

Pengetahuan anak-anak tersebut tentang hutan, serta keberanian kakak perempuan tertua, telah dipuji oleh para pejabat karena telah menyelamatkan hidup mereka.

Sebelumnya, pihak berwenang melaporkan bahwa keempat anak itu bertahan hidup dengan cara memakan tepung singkong yang dikenal sebagai fariƱa yang tersedia di pesawat. Tepung tersebut merupakan sumber karbohidrat yang umum di wilayah Amazon.

"Ukuran dan berat mereka telah pulih, sungguh mereka sangat sehat," kata Astrid Caceres, direktur lembaga kesejahteraan anak negara itu, kepada wartawan.

"Fase kedua merawat dan melindungi mereka dimulai," lanjutnya lagi.

Lebih lanjut, Caceres juga mengatakan bahwa keempat anak itu saat ini tetap berada di bawah asuhan institut lantaran situasi keluarga yang rumit. Begitu juga pengaturan hak asuh terakhir untuk mereka akan diputuskan dalam enam bulan ke depan.

Kami sedang memasuki fase transisi untuk perlindungan anak-anak," tambah Caceres.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kabar Terkini 4 Bocah yang Bertahan Hidup 40 Hari di Hutan Amazon"