Hagia Sophia

17 July 2023

Kapan Chandrayaan 3 Milik India Mendarat di Bulan?

Peluncuran misi Chandrayaan 3 ISRO. Foto: AP Photo

Indian Space Research Organization (ISRO) sukses meluncurkan misi eksplorasi Chandrayaan 3. Lalu, kapan wahana antariksa ISRO sampai mendarat ke Bulan?

Misi peluncuran ini adalah kali kedua yang dilakukan oleh India, di mana sebelumnya Negeri Bollywood itu pernah gagal pada 2019 melalui misi Chandrayaan 2.

Roket Launch Vehicle Mark-3 (LVM3) yang mengangkut pengorbit, pendarat, dan penjelajah telah lepas landas pada pukul 14.35 waktu setempat (14/7) dari pusat ruang angaksa Sriharikota, India.

"Chandrayaan 3 telah memulai perjalanannya menuju Bulan," ujar Kepala ISRO Sreedhara Pnicker Somanath sebagaimana dikutip dari BBC.

Pendarat ISRO tersebut diperkirakan akan mencapai Bulan pada 23-24 Agustus 2023. Jika pendaratan wahana antariksa itu berjalan sukses, maka India akan bersanding sejajar dengan Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China yang telah lebih dulu sukses mendaratkan wahana mereka di satelit alami Bumi tersebut.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengungkapkan misi Chandrayaan 3 merupakan babak baru dalam pengembaraan antariksa yang dilakukan India.

"Melonjak tinggi, mengangkat impian dan ambisi setiap orang India. Pencapaian penting ini merupakan bukti dedikasi tanpa henti para ilmuwan kami. Saya salut dengan semangat dan kecerdikan mereka," kata Modi dalam cuitannya.

Diketahui, misi peluncuran ini adalah bagian dari program penelitian angkasa luar India yang bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk berusaha mendaratkan manusia ke Bulan pada tahun 2025, dan kemudian ke planet Mars dalam jangka panjangnya.

Untuk melancarkan misi Chandrayaan-3, India setidaknya merogoh kocek sebesar 6 miliar Rupee atau setara USD 73 juta (Rp 1,1 triliun).



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Sukses Meluncur, Kapan Wahana Antariksa India Mendarat di Bulan?"